Strategi Pemasaran Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6973Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Lembaga Pendidikan Islam, persainganAbstrak
Strategi pemasaran sebagai bagian terpenting yang harus dimiliki lembaga guna mempertahankan eksistensi lembaga itu sendiri. Pesatnya persaingan dalam dunia pendidikan yang sebabkan laju perkembangan global terus menuntut lembaga pendidikan untuk lebih kompetitif. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dan sumber data diperoleh dari informan di lembaga MA Bilingual Batu melalui tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh MA Bilingual Batu dapat diidentifikasi sejumlah strategi yang relevan dengan strategi pemasaran yang umumnya dilakukan dalam dunia bisnis, strategi tersebut meliputi: product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process. Adapun pengembangan strategi pemasaran yang dilakukan oleh MA Bilingual Batu, yaitu; pertama strategi gerilya (face to face, Strategi gerilya, strategi kepemimpinan Kepala Madrasah, strategi keunikan, strategi mempublikasikan prestasi, dan strategi pemberian beasiswa.Referensi
Abuddin, Nata. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Kencana. Kencana (2003).
Alma, Buchari. Pemasaran Jasa Pendidikan Yang Fokus Pada Mutu, Dalam Buchari Alma Dan Ratih Hurriyati. ManajemenCorporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (2009).
Alma, Buchari, and Ratih Hurriyati. Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (2016).
Behri, Mat. Strategi Komunikasi Dalam Pemasaran Mutu Pendidikan Di MTs Negeri 2 Pamekasan. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam 13, no. 01 (2021): 102-114.
Fradito, Aditia, Sutiah Sutiah, and Mulyadi Mulyadi. Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 10, no. 1 (2020): 12-22.
Ghony, M Djunaidi, and Fauzan Almanshur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media 61 (2012): 177-181.
Ihsan, Fanani Mafatikul, Pramudia Yuly Eka Permana, Nur Rachmat Arifin, and Ridan Muhtadi. Islamic Boarding Schools Toward the Industrial Revolution 4.0; Opportunities and Challenges. FIKROTUNA 11, no. 01 (2020).
Kotler, Philip. Kevin Lane Keller-Marketing Management. Prentice Hall 2011 Singapore (2005).
Kuntowijoyo, Paradigma Islam. Interpretasi Untuk Aksi,(Bandung: Mizan, 1991). Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu, Epistemologi, Metodologi, dan Etika,(Yogjakarta: Tiara Wacana, 2007) (1989).
Machali, Imam, and Ara Hidayat. The Handbook of EDUCATION MANAGEMENT Teori Dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah Di Indonesia. Vol. 1. Prenadamedia Group, 2016.
Muadin, Akhmad. Manajemen Pemasaran Pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2017): 293-308.
Rais, Muhammad. Manajemen Marketing Pendidikan Madrasah Strategi Mewujudkan Madrasah Yang Marketable. Yogyakarta: Pustaka Ilmu (2013).
Rosbiah, Ilis, and Ari Prayoga. Implementasi Strategi Pemasaran Pendidikan Di Madrasah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2020): 1-14.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran.: Andi Yogyakarta, 1997.
Ulfatin, Nurul. &Teguh Triwiyanto. Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2016).
Wahyudi, Kacung. Manajemen Pemasaran Pendidikan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 4, no. 2 (2016): 99-116.
Wijaya, David. Pemasaran Jasa Pendidikan. Bumi Aksara, 2022
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sarohmad Sarohmad
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.