Pengembangan Budaya Literasi Membaca Al- Qur'an Di SMK PAB 1 Helvetia dan SMK PAB 2 Helvetia
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.7012Kata Kunci:
Media Pembelajaran; Android; Pembelajaran Ilmu Tajwid, Al-Qur’an HadistAbstrak
Selama ini pembelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas X SMK PAB 1 Helvetia dan SMK PAB 2 Helvetia belum menggunakan media pembelajaran yang variatif, jadi Peserta didik kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran media berbasis Android pada pembelajaran tersebut dan mengetahui kelayakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitiannya adalah dilakukan di SMK PAB 1 Helvetia dan SMK PAB 2 Helvetia dengan 20 responden dari Agustus hingga Oktober 2023 untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Android yang telah dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket,validasi dan tes. Kemudian dianalisis dengan mengubah skor rata-rata menjadi persentase. Tujuan uji coba adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi sistem informasi geografi dasar siswa SMA dinyatakan sangat valid dengan skor 80,5% untuk validasi media dan 80,34% untuk validasi materi. Hasil uji coba respon siswa menunjukkan siswa sangat tertarik pada media pembelajaran yang digunakan dengan nilai kepraktisan 82,5% pada kelompok kecil dan 83,5 % pada kelompok besar.Referensi
Af-idah, Layyinatul. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN AL- QUR ' AN HADIST KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGE RI ( MAN ) KOTA BATU . TESIS PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2019.
Anggraeni, S. Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin (2019).
Arsyad, Arsyad, and Salahudin Salahudin. Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur'an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). Edukasi 16, no. 2 (2018): 294352.
Ashidiq, Khabib. Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (Bta) Di Smk N 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia), 2021.
dedek nuwery yolanda. Peningkatan Kemampuan Baca Al - Qur'an Melalui Pengunaan Gadget Pada Peserta Didik. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952. (2018): 27-30.
Doringin, Ferry, Nensi Mesrani Tarigan, and Johny Natu Prihanto. Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR) 1, no. 1 (2020): 43-48.
Habibah, Maimunatun. Pengembangan Budaya Literasi Agama Di SMA Negeri 2 Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 2, no. 2 (2020): 203-215.
Hafidz, Muhammad, and Masriyah. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 11, no. 2 (2020): 126-135.
Hatim, Muhammad. Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 2 (2018): 140-163.
Herman, Suherman, Sunny Samsuni, and Fathurohman Fathurohman. Pengembangan Sistem Membaca Al-Qur'an Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. ILKOM Jurnal Ilmiah 11, no. 2 (2019): 95-101.
Husni, Muhammad. Analisis Komparatif Dan Sintesa Teori Belajar Konvensional Dengan Teori Belajar Dalam Islam. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2018): 124-142.
Keguruan, Fakultas, and Universitas Riau. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar 11, no. 6 (2022): 1670-1679.
Kelas, Siswa, and X S M K Nasional. No Title (2018).
Kompas. Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Tembus-212-9-Juta-Di-Awal-2023.
Maskur, Abu. Penguatan Budaya Literasi Di Pesantren. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 01 (2019): 1-16.
Nadawiyyah, Hilyatun, and Dewi Anggraeni. Pengembangan Media Pembelajaran Tajwid Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 8, no. 1 (2021): 26-40.
Naelasari, Desy, and Nazilatul Izza. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Budi Pekerti Siswa Di SMK Nusantara Jombang. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2020): 218-232.
Pendidikan, Kementrian, and R I Kebudayaan. Peraturan Mendikbud Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah (Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016). Jakarta: Penulis, 2016.
Putra, I Made Arya Riananda, Made Windu Antara Kesiman, and I Gede Mahendra Darmawiguna. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di Kelas X SMKN 1 Manggis. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) 12, no. 1 (2023): 17-25.
Septian, Deris, Yenni Fatman, Siti Nur, U Islam, and N Bandung. Implementasi Mdlc (Multimedia Development Life Cycle) Dalam Pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab Safinah Sunda. Jurnal Computech & Bisnis 15, no. 1 (2021): 15-23.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Suhadi, and Zakariyah. Implementasi Budaya Literasi Pada Pembelajaran Al Qur`an Hadis Di Madrasah Aliyah. Chalim Journal of Teaching and Learning 1, no. 2 (2021): 121-128.
Uno, Hamzah B, and Abd Rahman K Ma'ruf. Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website Untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 18, no. 3 (2016): 169-185.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Salminawati Salminawati, Zaini Dahlan, Sulis Mawar Dani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.