Historitas dan Dinamika Institusi-Institusi Pendidikan yang Dikelola Masyarakat Sebagai Pusat Pembelajaran

Penulis

  • Moh. Dannur IAI AL-Khairat Pamekasan
  • ikrom Shalihadi STAI Al-Mujtama'

Kata Kunci:

institutional, personal, community, learning

Abstrak

Pada hakikatnya tidak ada pemisahan antara berlangsungnya proses kegiatan pendidikan dengan lembaga yang melingkupinya, termasuk kegiatan pendidikan Islam. Atikel ini akan menelaah institusi-institusi yang dikelola oleh pribadi sebagai wadah berlangsungnya proses transformasi ilmu pengetahuan. Dengen menggunaan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka. Buku-buku dan artikel jurnal menjadi sumber data dalam penelitian ini, sedangkan analisis data penulis menggunaan analisis konten dimana peneliti menelaah dan menginterpretasikan temuan dari beberapa referensi. Kajian ini setidaknya menunjukkan bahwa dalam perjalanan sejarah pendidikan Islam institusi-institusi non pemerintah memberikan sumbangsih terhadap perkembangan keilmuan Islam. Terdapat empat institusi pendidikan yang dikelola oleh pribadi atau masyarakat diantaranya; komunitas sastra, rumah, toko buku, dan ruangan terbuka. Empat lembaga ini menjadi pusat pembelajaran yang hidup dengan kajian-kajian humanistik dan adab Pada masa Islam klasik, komunitas sastra, perkumpulan akademi, rumah, toko buku, dan kegiatan ilmiah di luar ruangan termasuk di antara lembaga pendidikan yang dikelola oleh masyarakat setempat dan terus melakukan kegiatan transformasi pengetahuan dengan segala dinamika yang melekat di dalamnya

Referensi

Al-Thirmidzi. 1999. Sunan al-tirmidzi, hadith ke- 2516, Vol, 4 , Cairo: Dar al-Hadith.

Affandi, M Arief. “Kuttab Dan Institusi Pendidikan Islam Pra-Lahirnya Sistem Madrasah.†Taujih: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2020): 40–60.

Al-Buthi, Muhammad Sa’id Ramadhan. “Sirah Nabawiyah: Analisis Ilmiah Manhajiah Terhadap Sejarah Pergerakan Islam Di Masa Rasulullah Saw.†(No Title) (1999).

Ali, Muhammad, Dedi Wahyudi, and Rofi Komalasari. “Lembaga Pendidikan Islam Klasik Di Nusantara: Studi Terhadap Langgar.†Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan 6, no. 01 (2021): 29–47.

Anshori, Isa. “Peran Dan Manfaat Wakaf Dalam Pengembangan Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah, Pesantren Al Andalusia Caringin Sukabumi Jawa Barat Indonesia).†Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2018): 27–38.

Bafadhol, Ibrahim. “Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 11 (2017): 14.

Hanafi, Wahyu. “PERGESERAN EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM (Menelusuri Jejak Historis Pendidikan Islam Klasik Hingga Kontemporer).†Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 9, no. 1 (2014): 1–20.

Hidayat, Muslih. “Islamisasi Dan Prototipe Institusi-Institusi Pendidikan Islam Di Indonesia.†Edification Journal: Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2019): 23–39.

Holilah, Noer. “PERKEMBANGAN INSTITUSI-INSTITUSI PENDIDIKAN PADA MASA KLASIK.†Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban 10, no. 1 (2022): 27–38.

Junaidi, Faisal Fath. “Harmonisasi Agama Dan Filsafat Menurut Al-Farabi,†2019.

Kusumastuti, Adhi, and Ahmad Mustamil Khoiron. Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP), 2019.

Mahroes, Serli. “Kebangkitan Pendidikan Bani Abbasiyah Perspektif Sejarah Pendidikan Islam.†TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1, no. 1 (2015): 77–108.

Makdisi, George. Rise of Humanism in Classical Islam and the Christian West. Edinburgh University Press, 2019.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. “Aktualiasasi Pendidikan Islam Di Dalam Institusi-Institusi Madrasah Terkemuka Abad Klasik.†Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 6, no. 1 (2013): 18.

Najmuddin, M A. “Pola Pendidikan Islam Pada Periode Rasulullah Di Mekkah Dan Madinah.†Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi 13, no. 3 (2015): 149991.

Nata, Abuddin. Sejarah Sosial Intelektual Islam Dan Institusi Pendidikannya. PT RajaGrafindo Persada, 2012.

Nizar, H Samsul. Sejarah Sosial Dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam Di Nusantara. Kencana, 2013.

Nizar, Samsul. “Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia.†(No Title) (2007).

Nurdin, Nasrullah. “Apresiasi Intelektual Islam Terhadap Naskah Klasik Keagamaan.†Jurnal Lektur Keagamaan 13, no. 2 (2015): 497–512.

Raya, Moch Khafidz Fuad. “Resolusi Konflik Dalam Institusi Pendidikan Islam (Kajian Empirik Dan Potensi Riset Resolusi Konflik).†Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 1, no. 1 (2016): 71–85.

Rukin, S Pd. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.

Salim, Agus. “Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.†EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 5, no. 2 (2019).

Sukhoiri, Sukhoiri. “LEMBAGA-LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM SEBELUM MADRASAH.†QATHRUNÂ 5, no. 1 (2018): 45–58.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-25

Cara Mengutip

Dannur, M. ., & Shalihadi, ikrom. (2023). Historitas dan Dinamika Institusi-Institusi Pendidikan yang Dikelola Masyarakat Sebagai Pusat Pembelajaran. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(02). Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/7014

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.