Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Sina Dan Fazlur Rahman

Penulis

  • Atabik Atabik UIN Saizu Purwokerto
  • Khafifatul Fian UIN Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.7140

Kata Kunci:

Pendidikan Islam, Ibnu Sina, Fazlur Rahman

Abstrak

Tidak berhasilnya tujuan dari pendidikan Islam salah satunya karena kurangnya perhatian baik kepada pemahaman atas tujuan pendidikan Islam, kurikulum, metode pembelajaran, ataupun konsep guru itu sendiri. Tujuan tulisan ini untuk menganalisis dan membandingkan pemikiran pendidikan Islam perspektif Ibnu Sina dan Fazlur Rahman. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka dengan mengumpulkan serta analisis terhadap isi baik dari buku ataupun artikel ilmiah dalam kurun waktu penerbitan 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara pendidikan perspektif Ibnu Sina dengan Fazlur Rahman keduanya saling bertujuan untuk mengembangkan potensi secara keseluruhan peserta didik. Akan tetapi, dari Ibnu Sina lebih memberikan penekanan terhadap pendidikan akhlak sedangkan dari Fazlur Rahman lebih memberikan penekanan terhadap pendidikan moral. Dari aspek kurikulum Ibnu Sina terdapat pembagian berdasar usia peserta didik sedangkan Fazlur Rahman lebih kepada pengaitan terhadap gerakan ganda dan bahasa. Dari aspek metode untuk Ibnu Sina seperti metode pembelajaran pada umumnya sedangkan Fazlur Rahman lebih kepada analisis dan pemahaman secara konteks. Dari aspek konsep guru, baik dari Ibnu Sina ataupun Fazlur Rahman guru harus mencerminkan akhlak mulia sedangkan perbedaannya terdapat pada perspektif Ibnu Sina yang mendominakan bahwa guru harus laki-laki.

Referensi

Abdillah, Pentingnya Pendidikan Agama Terhadap Karakter Anak, dikutip dari https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, Pada 4 Juni 2023 Pukul 14.05 WIB.

Anggraini, dkk. Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman dengan Dikotomi Pendidikan di Indonesia. Tafhim Al-Ilmi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 3, no. 3 (2023): 215-233. https://doi.org/10.37459/tafhim.v14i2.6156.

Ansari, & Ahmad Q. Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina dan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah. ISLAMIKA 3, no. 2 (2021): 134-148. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i2.1222.

Aziz, N. Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Filsafat Pendidikan Dalam Islam. Manarul Quran: Jurnal Ilmiah Studi Islam 19, no. 2 (2019): 82-93. https://doi.org/10.32699/mq.v19i2.1605.

Berutu, A. G. Pemikiran Hukum Islam Modern. Salatiga, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga, (2021).

Dinata, S., dkk. Fazlur Rahman: Esensi Pendidikan Islam. JOURNAL REGY 2, no. 1 (2023): 44-52.

Fathorrahman & Ervina, Z. "Modernisasi Pendidikan Islam dan Relevensinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia (Telaah Pemikiran Fazlur Rahman)", Jurnal Reflektika 17, no. 2 (2022): 431-460. http://dx.doi.org/10.28944/reflektika.v17i2.1000.

Handayani, A. B., & Suyadi. Relevansi konsep akal bertingkat Ibnu Sina dalam pendidikan Islam di era milenial. Tadibuna 8, no. 2 (2019): 222-240. http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2034.

https://ntt.kemenag.go.id, dikutip tanggal 4 Juni 2023 Pukul 14.15 WIB.

Junaedi, D. "Pendidikan Islam dalam Perspektif Pemikiran Ibnu Sina", Tarbiyatu wa Talim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4 no. 1 (2022): 28-42. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/153

Kartikasari, D. Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahmandan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Modern. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 17, no. 2 (2019): 253-267. https://doi.org/10.21154/cendekia.v17i2.1753.

Mansir, F. Pendekatan Psikologi Dalam Kajian Pendidikan Islam. Psikis: Jurnal Psikologi Islami 4, no. 1 (2018): 61-73. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2042.

Nasution, H. A. Pendidikan Karakter Perspektif Ibnu Sina. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2020): 737-48. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i1.612.

Nurhayati, Nurhayati, and Kemas Imron Rosadi. Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL 3, no. 1 (2022): 451-464. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1047.

Ok, A. H. Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun Terhadap Konsep Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2021): 1-18. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v10i02.2332.

Prayitno, H & Aminul, Q. Konsep Pemikiran Fazlur Rahman Tentang Modernisasi Pendidikan Islam dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 30-43. http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5150.

Priatmoko, S. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. TA‟LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 221-239. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.948.

Rahman, F., & Adelia W. Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina dalam Membangun Karakter Siswa di Era Digitalisasi. Journal on Education 5, no. 2 (2023): 2353-2368.

Rasyid, I. Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, dan Guru. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan 18, no. 1 (2019): 779-790. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.368.

Saihu. Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 82-95. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76.

Sholikhin, M. Filsafat dan Metafisika Dalam Islam: Sebuah Penjelajahan Nalar, Pengalaman Mistik, dan Perjalanan Aliran Manunggaling Kawula-Gusti. Yogyakarta: Narasi, (2008).

Sriwahyuni, Fazlur Rohman dan Pembaharuan Pendidikan Islam, (Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2019), Tesis.

Suherlan, A., & Amroeni, D. Pendidikan Jasmani Perspektif Ibnu Sina. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran 1, no. 1 (2022): 57-69. https://doi.org/10.56114/edu.v1i1.212.

Suprapno. Filsafat Pendidikan Islam Kajian Tokoh-Tokoh Pemikiran Islam. Malang: Literasi Nusantara, (2020).

Suryadi, A. Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman. Jawa Barat: CV Jejak, (2020).

Ulfah, Y. F., dkk. Urgensi Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Anak Ditinjau dari Filsafat Pendidikan Anak Ibnu Sina. Mambaul Ulum 18, no. 1 (2022): 67-79. https://doi.org/10.54090/mu.59.

Ulum, A. R. S. Ibnu Sina Sarjana, Pujangga, dan Filsuf Besar Dunia Biografi Singkat 980-1037 M. Indonesia, Anak Hebat Indonesia, (2018).

Yaqin, M. A. "Konsep Pembelajaran Pendidikan Islam Prespektif Pemikiran Ibnu Sina", MAHAROT: Journal of Islamic Education 6, no. 1 (2022): 26-38. http://dx.doi.org/10.28944/maharot.v6i1.561

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-29

Cara Mengutip

Atabik, A., & Fian, K. (2023). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Sina Dan Fazlur Rahman. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(01), 363–383. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.7140

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.