Optimalisasi Menghafal Al-Qur'an: Penerapan Metode Neuro Linguistic Programming (NLP) di Pesantren Islamic Centre Sumut

Penulis

  • Syamsu Nahar Pascasarjana UIN Sumatera Utara
  • Nurul Sakinah Daulay Pascasarjana UIN Sumatera Utara
  • M. Nazri Pascasarjana UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7420

Kata Kunci:

Implementasi; Metode Neuro Linguistic Programming; Tahfidz

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perencanaan penerapan metode Neuro Linguistic Programming  dalam meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an santri Islamic Centre Sumut, 2) pelaksanaan penerapan metode Neuro Linguistic Programming pada mata pelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Pesantren Islamic Centre Sumut, 3) evaluasi penerapan metode Neuro Linguistic Programming pada mata pelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Pesantren Islamic Centre Sumut, 4) pendukung dan penghambat dalam penerapan metode  Neuro Linguistic Programming pada mata pelajaran Tahfizh AL-Qur’an di Pesantren Islamic Centre Sumut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan penerapan metode Neuro Linguistic Programming dalam meningkatkan kualitas menghafal Al-Quran santri dan santriwati di Madrasah Hifzil Qur’an (MHQ) Islamic Centre Sumut sudah terkoordinasi yang dimulai dari pengesahan kebijakan Kepala Sekolah yang telah disusun sebelum tahun ajaran baru. Kemudian disusul dengan pembentukan tim tahfidz di bawah wakil kepala sekolah bidang tahfidz dan penunjukkan guru tahfidz, 2) Pelaksanaan penerapan metode NLP/Neuro Linguistic Programming dalam meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an santri Islamic Centre Sumut tertata rapi mulai dari pembentukan kelas tasmi’, menciptakan suasana bicara untuk menghafal, mengingatkan bahwa segalanya bertujuan dan bermakna, memahami gaya belajar peserta didik, merangsang kinerja otak secara maksimal, memberikan penilaian, mengidentifikasi masalah kesulitan santri dan santriwati dalam menghafal, memberikan motivasi dan solusi berupa nasihat-nasihat positif kepada santri dan santriwati dan memberikan reinforcement atau penguatan, 3) evaluasi penerapan metode NLP di Madrasah Hifzil Qur’an Islamic Centre dilakukan secara rutin satu bulan sekali. Untuk mensukseskan evaluasi ini, maka harus ada koordinasi yang baik dari berbagai pihak, diantaranya pembina, guru Tahfizul Qur’an dan diawasi oleh kepala sekolah, 4) faktor pendukung dalam menerapkan metode NLP dalam meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an yaitu: fisik dan psikis santri yang baik, adanya guru BK sebagai guru tambahan,  dan perhatian dari seorang guru Tahfizul Qur’an. Sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan metode NLP dalam meningkatkan kualitas menghafal Al-Qur’an yaitu: pengaruh dari teman yang malas dalam menghafal, banyaknya masalah yang dimiliki santri, dan kurangnya kemampuan santri dalam menghafal

Referensi

Anggraini, Rita Yulia, Ida Bagus Benny Surya Adi Pramana, Lusi Endang Sri Darmawati, Wulan Indah Fatimatul Djamilah, Afif Alfiyanto, Durotut Takiyah, and Fitri Hidayati. Implementation of Simak Taqrir Bil Ghoib:(Case Study at Tahfizhul Quran Putri Islamic Boarding School Al-Lathifiyyah Palembang). EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal) 10, no. 1 (2022): 131142.

Aziz, Aziz Nuri Satriawan, Evvy Lusiana, and Winarti Tri Utami. Implementasi Metode Talqin Dan Nada Muri Q Terhadap Program Tahfidz Di SDIT AL ISLAM Sine Ngawi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan 6, no. 2 (2021): 32-40.

Azmi, Ibrahim Rasulil. Optimalisasi Metode Murojaah Dalam Program Tahfidz Al-Quran Di SMAN 9 Rejanglebong. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019).

Dhulkifli, Muhammad Luthfi. Pengaruh Metode Kauny Quantum Memory Dalam Menghafal Quran Sejak Dini Di SD IT Lukman Hakim Yogyakarta. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains 6, no. 1 (2020): 64.

Drigas, Athanasios, Eleni Mitsea, and Charalampos Skianis. Neuro-Linguistic Programming, Positive Psychology & VR in Special Education. Scientific Electronic Archives 15, no. 1 (2022).

El-Ashry, Mona Mostafa. The Importance of Neuro Linguistic Programming Skills as a Communication Tool in the Workplace. Journal of Global Scientific Research 6, no. 1 (2021): 1108-1123.

Fatahillah, Ahmad. Asyiknya Belajar Nlp (Neuro-Linguistic Programing): Maksimalkan Potensi Diri Dengan Mind Technologi. Kurnia Group, 2022.

Gaffar, M Andriana, Achmad Mudrikah, Hamdani Hamdani, and Luki Luqmanul Hakim. Manajemen Pelatihan Berbasis NeuroLinguistic Programming (NLP) Dalam Mengembangkan Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. Media Nusantara 18 (2021): 235-250.

Guefara, Rahmat Lutfi, and Soffan Rizqi. Mirroring Rasulullah Dalam Mendidik Akhlak Sahabat: Metode Neuro Linguistik Program. Bimalukar Kreativa, 2020.

Hazizah, Umul, and Muhammad Mahfud. Program Unggulan Tahfidz Al-Quran Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Driyorejo Berbasis Metode Talaqqi. Indonesia Islamic Education Journal 1, no. 1 (2022): 45-54.

Hedayat, Neda, Reza Raissi, and Solmaz Azizzadeh Asl. Neuro-Linguistic Programming and Its Implications for English Language Learners and Teachers. Theory and practice in language studies 10, no. 9 (2020): 1141-1147.

Hendrawati, Wiwik, Rosidi Rosidi, and Sumar Sumar. Aplikasi Metode Tasmidan Murajaah Dalam Program Tahfidzul Quran Pada Santriwati Di Mahad Tahfidz Hidayatul Quran Desa Puding Besar. Lenternal: Learning and Teaching Journal 1, no. 1 (2020): 1-8.

Hikmah, Nurul, and Dzawata Afnan Habib El-Hakiem. Quranic Modelling: Tuk Raih Stimulan Langit Lepaskan Mental Block. Yayasan Bait Qurany At-Tafkir, 2021.

Jannah, Miftakhul. Kontribusi Metode Neuro-Linguistic Programming Terhadap Kemampuan Goal Setting Pelari Cepat Perorangan. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan 3, no. 1 (2012): 42-48.

Kartika, Tika. Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema: Islamic Educational Management 4, no. 2 (2019): 245-256.

Kotera, Yasuhiro, Jenai Lieu, and Muhammad Aledeh. Ethical Challenges of Neuro-Linguistic Programming: Definition, Boundary, and Unpreparedness for When It Doesnt Work. International Journal of Spa and Wellness 5, no. 3 (2022): 330-336.

Kotera, Yasuhiro, and Michael Sweet. Comparative Evaluation of Neuro-Linguistic Programming. British Journal of Guidance & Counselling 47, no. 6 (2019): 744-756.

Kumar, Gandhi Vasanth, and B Valarmathi. Job Crafting: A Systematic Review and Meta-Analytical Relationships with Precursors and Work Outcomes (2001-2021) (2022).

Mardhiyah, Annisa Nurul, and Ayub Ilfandy Imran. Motivasi Menghafal Al-Quran Pada Anak Melalui Komunikasi Interpersonal. Nyimak: Journal of Communication 3, no. 2 (2019): 97-105.

Mehdi, Muntazar, Arshad Ali, and Aneesa Abbasi. A Critical Analysis Of The Effects Of Neuro-Linguistic Programming On The Human Behaviour. Pakistan Journal of Social Research 4, no. 1 (2022): 108-118.

Miles, Bart W, and Debra M Hernandez Jozefowicz-Simbeni. Naturalistic Inquiry. The handbook of Social Work research method (2010): 415-425.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Naim, Zaedun, and Dzatan Najma. Potret Keberagaman Manhaj Tahfidzul Quran Di Nusantara. UInScof 1, no. 1 (2023): 502-514.

Passmore, Jonathan, and Tatiana S Rowson. Neuro-Linguistic-Programming: A Critical Review of NLP Research and the Application of NLP in Coaching. International Coaching Psychology Review 14, no. 1 (2019): 57-69.

Popescu, Cristina-Dana. The Path To Outstanding Education Based On Neuro-Linguistic Programming. Identities In The Spotlight. Dialogue In A Global World (2023): 21.

Rahman, Dicky Nur, Akbar Trio Mashuri, and Ali Nurdin. Neuro-Linguistic Programming Approach in the Preaching of Ustadz Rino Zeldeni. East Asian Journal of Multidisciplinary Research 2, no. 4 (2023): 1633-1646.

Rahman, Fadli, Hakim Syah, Ani Cahyadi, and Syaifuddin Sabda. Quantum Ikhlas: Kajian, Analisis, Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora 9, no. 1 (2023): 34-48.

Rahmawati, Rina Dian. Penerapan Metode Yanbua Pada Program Tahfidz Al Quran Di Pondok Pesantren Hasbullah Tambak Beras Jombang. Jurnal Education and Development 9, no. 4 (2021): 439-442.

Ramadhani, Atiq Alawiyah, and Wilis Werdiningsih. Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Tahfidz Di Panti Asuhan Tahfidzul Quran Yatim Piatu Muhammadiyah Belegondo-Ngariboyo-Magetan. MAALIM: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2022): 21-32.

Rumengan, Jemmy. Metodelogi Penelitian. Bandung: Cipta Pustaka (2013).

Sanjaya, Asep Sutisna. Penerapan Neuro Linguistic Programming (Nlp) Dalam Kecerdasan Emosional Untuk Keberhasilan Siswa. Jurnal Syntax Transformation 3, no. 09 (2022): 1226-1235.

Santoso, Meilanny Budiarti, Marsha Nurul Lutfiah, and Hery Wibowo. Neuro-Linguistic Programming Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Remaja Penghuni Panti Asuhan Rohadatul Jannah. Share: Social Work Journal 10, no. 1 (2020): 83-90.

Setiyoko, Agus. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Neurosains Dalam Pembentukan Karakter Berpikir Kreatif Dan Kerjasama. INSPIRASI: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2019): 167-188.

Sholikah, ZAIROTUS. Penggunaan Metode Neuro Linguistic Programming Teknik Meta Model Dalam Meningkatkan Khusnudzan Pasien Terhadap Penyakit. UIN Walisongo Semarang (2021).

Syahdiah, Utami, Budiman Budiman, and Umi Nur Kholifah. Memorizing the Quran with Hypnotherapy Method. INSPIRA: Indonesian Journal of Psychological Research 4, no. 2 (2023): 214-222.

Zhang, Xiuyun, Nikoo Davarpanah, and Siros Izadpanah. The Effect of Neurolinguistic Programming on Academic Achievement, Emotional Intelligence, and Critical Thinking of EFL Learners. Frontiers in Psychology 13 (2023): 888797.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Nahar, S., Daulay, N. S. ., & Nazri, M. . (2023). Optimalisasi Menghafal Al-Qur’an: Penerapan Metode Neuro Linguistic Programming (NLP) di Pesantren Islamic Centre Sumut. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(02), 145–164. https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7420

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.