Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Multiliterasi di SMA Negeri 2 Binjai

Penulis

  • Dandi Irawan State Islamic university of north Sumatra medan, Indonesia
  • Nurmawati Nurmawati State Islamic university of north Sumatra Medan, Indonesia
  • Fibri Rakhmawati State Islamic university of north Sumatra Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7433

Kata Kunci:

Pengembangan RPP; Pendidikan agama Islam; budi pekerti; Multiliterasi

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrumen penelitian dengan berbasis keterampilan informasi pada pokok bahasan ekosistem untuk siswa SMA kelas XI serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian RPP, angket penilaian LKPD dan angket penilian instrumen penilaian, untuk mengukur nilai kevalidan, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dan angket respon siswa dan lembar observasi untuk mengukur kepraktisan, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Uji coba produk dilakukan di SMAN 2 Binjai pada tanggal 24 Juli 2023 dan 7 Agustus 2023. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh rata-rata total kevalidan RPP yaitu 89,29% rata-rata total kevalidan LKPD yaitu 75% dan rata-rata total kevalidan instrumen penilaian 77,75%. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata- rata hasil uji terbatas sebesar 79,65% dan rata-rata total hasil uji lapangan sebesar 88,98%. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil tes belajar peserta didik memenuhi kriteria efektif dengan persentase rata-rata hasil belajar siswa yaitu 78,75%.

Referensi

Abadi, C L N, and Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah (2022).

Alvina, Sirry, Cut Intan Mega Handayani, Mellyzar Mellyzar, Wildanul Khaira, Riski Maulida, and Fitri Wulandari. Tren Penelitian Literasi Kimia Dalam Jurnal Pendidikan: Analisis Bibliometrik Dari Tahun 2014-2023. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7, no. 1 (2024): 502-513.

Elihami, Elihami. An Innovation of Character of Islamic Religious Studies Education towards Education 4.0 in Elementary School: Bibliometric Reviews. J. Basicedu Vol 6, no. 1 (2022).

Elkins, Teri, and Robert T Keller. Leadership in Research and Development Organizations: A Literature Review and Conceptual Framework. The leadership quarterly 14, no. 4-5 (2003): 587-606.

Fathurrahman, Muhammad Alfian, Kusuma Ayu Laksitowening, and Dawam Dwi Jatmiko Suwawi. Penerapan Metode Collaborative Filtering Untuk Personalized Learning Content Pada Learning Management System (LMS). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) 9, no. 2 (2022): 257-264.

Irhamna, Irhamna, and Nia Astuti. Pembelajaran Multiliterasi Sebagai Wahana Peningkatan Karakter Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan sastra) 2, no. 1 (2021): 8-14.

Al Jumadi, Noer Zainudin. Implementasi Pembelajaran Agama Islam Multiliterasi Dalam Kurikulum Berbasis Riset Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7, no. 1 (2022): 107-126.

Likert, Rensis. The Sample Interview Survey: A Fundamental Research Tool of the Social Sciences. (1947).

Mahmudah, Farida Ulvi Naimah. Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Multilitersi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Khazanah: Journal of Islamic Studies (2023): 100-111.

Maylistiyana, Dhika Elvira, H Hobri, and S Susanto. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Materi Perbandingan Dan Skala Berbasis Scientific Approach Yang Berorientasi Problem Based Learning. Jurnal Edukasi 3, no. 1 (2017): 1-4.

Nani, Uun. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Multiliterasi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas 7, no. 2 (2022): 123-128.

Pattah, Sitti Husaebah. Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 2, no. 2 (2014): 108-119.

Puteh-Behak, Fariza, Ramiaida Darmi, and Yuslina Mohamed. Implementation of a Western-Based Multiliteracies Pedagogy in Malaysia: A Socio-Cultural Perspective. GEMA Online Journal of Language Studies (2015).

Rahmasari, Fanny, Farah Firdausa Muchtar, Siti Nadhifa Imtinan, Zahidah Nurul Kamilah, and Neneng Sri Wulan. Analisis Penerapan Pembelajaran Multiliterasi Di Sekolah Dasar. EduCurio: Education Curiosity 1, no. 2 (2023): 645-651.

Rajabi, Muhammad, Ekohariadi Ekohariadi, and I Buditjahjanto. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi UNESA 3, no. 01 (2015): 247005.

Rasi, Päivi, Marjaana Kangas, and Heli Ruokamo. Promoting Multiliteracy in the Finnish Educational System. Introduction to the Finnish educational system (2019): 97-111.

Richey, Rita C, and James D Klein. Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. Routledge, 2014.

Sakdulloh, Muhammad, Ulil Hidayah, and Heri Rifhan Halili. Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Holistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4, no. 1 (2022): 530-538.

Salam, Mohammad Abdus, Imron Arifin, and Muhammad Sulistiono. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiliterasi Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 8805-8811.

Sugiarti, Iis Yeni, and Auliya Aenul Hayati. Model Multiliterasi Sosial Dalam Memaknai Nilai-Nilai Moralitas Siswa Di SDN 1 Cikalahang. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 1 (2020): 7-10.

Syarnubi, Syarnubi, Firman Mansir, Mulyadi Eko Purnomo, Kasinyo Harto, and Akmal Hawi. Implementing Character Education in Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2021): 77-94.

Taja, Nadri, Encep Syarief Nurdin, Aceng Kosasih, Edi Suresman, and Tedi Supriyadi. Character Education in the Pandemic Era: A Religious Ethical Learning Model through Islamic Education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 20, no. 11 (2021): 132-153.

Zainab, Nurul. Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Analisis Model Kurikulum Rahmatan Lil Alamin. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 2 (2020): 168-183.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Irawan, D., Nurmawati, N., & Rakhmawati, F. . (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Multiliterasi di SMA Negeri 2 Binjai. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(02), 165–183. https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7433

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.