Adaptation of Master of Islamic Education Students at UIN Raden Fatah: A Case Study of Students with Non-Linear Academic Backgrounds
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7585Kata Kunci:
Penyesuain Diri; Mahasiswa; Tidak Linier.Abstrak
Penyesuaian diri merupakan proses untuk memenuhi kebutuhan internal dan eksternal seseorang dengan melibatkan respon mental dan tingkah laku yang mendorong adaptasi terhadap lingkungan. Mahasiswa sering menghadapi tantangan dalam menyesuaikan diri secara sosial dan akademik. Penelitian ini fokus pada penyesuaian diri sosial dan akademik mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam di Universtias Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta divalidasi melalui perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, dan pembahasan sejawat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang menunjukkan kemampuan adaptasi yang baik dalam lingkungan kampus. Mereka mengutamakan pengakuan sosial, partisipasi, altruisme, dan komunikasi efektif. Hasilnya menunjukkan prestasi akademik yang baik, didukung oleh komitmen, perencanaan, dan konsistensi dalam tugas-tugas akademik. Strategi efektif seperti manajemen waktu dan pemahaman materi membantu mereka mengatasi tantangan akademik. Partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler juga memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan akademis. Kesadaran, dedikasi, dan komitmen mereka terhadap prestasi mencerminkan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan belajar yang berkelanjutan. Penelitian ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan strategi pendukung guna meningkatkan kesejahteraan dan keberhasilan akademik mahasiswa##submission.downloads##
Diterbitkan
2024-06-09
Cara Mengutip
Sari, A. K., Idi, A., & Suryana, E. . (2024). Adaptation of Master of Islamic Education Students at UIN Raden Fatah: A Case Study of Students with Non-Linear Academic Backgrounds. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 13(01), 91–107. https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7585
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ana Kurnia Sari, Abdullah Idi, Ermis Suryana
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.