Nilai, Parenting Islami Nilai-Nilai Parenting Islami Dalam QS. Luqman Ayat 13, 16 Dan 17 Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka Dan Relevansinya Dengan Kehidupan Masa Kini

Penulis

  • Ferdian Ferdian Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Cholidi Cholidi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • maryamah maryamah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7594

Kata Kunci:

Nilai, Parenting Islami, Pola Asuh, Tafsir Al-Azhar.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran dan pemahaman orang tua terhadap pentingnya pola asuh Islami, sehingga banyak orang tua yang mengasuh dan mendidik anaknya tidak diimbangi dengan pengetahuan agama dan tutunan Rasulullah yang mengakibatkan terjadinya tindakan bullying dan kekerasan dalam mengasuh anak bahkan menyebabkan kematian anak di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai parenting Islami yang terkandung dalam QS. Luqman ayat 13, 16 dan 17 Kajian Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka dan relevansinya dengan kehidupan masa kini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan ( penelitian kepustakaan ) melalui pendekatan metode tafsir tahlili . Sumber data primer penelitian ini yaitu Kitab Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka dan didukung oleh berbagai literatur yang relevan dengan penelitian yang berupa buku-buku, artikel, jurnal, tesis, disertasi dan lain sebagainya. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis isi dengan metode tahlili . Beberapa temuan dalam penelitian ini antara lain: (1) nilai-nilai parenting Islami dalam QS. Luqman ayat 13, 16 dan 17 Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka dapat diklasifikasikan pada tiga nilai pokok yaitu nilai akidah, ibadah dan akhlak. Uraian dari tiga nilai tersebut meliputi larangan mempersekutukan Allah, memperteguh hubungan batin manusia dengan Allah, melakukan amal kebajikan dan berusaha, mendirikan shalat, amar ma'ruf nahi munkar , dan bersabar. (2) nilai-nilai parenting Islami dalam QS. Luqman ayat 13, 16 dan 17 Kajian Tafsir Al-Azhar akan selalu relevan baik dalam ranah parenting maupun dalam kehidupan masyarakat, karena nilai-nilai parenting Islami ini memberikan panduan spiritual dan moral yang kuat dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan zaman. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai akidah, ibadah, dan akhlak dalam pendekatan parenting , orang tua dapat membimbing anak-anak mereka untuk menjadi individu yang taat beragama, bertanggung jawab dan berakhlak mulia.

Referensi

Affandi, Yuyun, Maljaul Abror Abdillah, Latifatul Asna, and Mohammed Saad Alhuwaymil. "The Process of Human Creation in The View of HAMKA With The Nazhariyyat Al-Siyaq Approach (Analysis of The Book of Al-Azhar)." International Journal Ihya’‘Ulum Al-Din 25 (2023): 33–48.

Altalib, Hisham, AbdulHamid Ahmad AbuSulayman, and Omar Hisham Altalib. Parent-Child Relations: A Guide to Raising Children (Revised Edition). International Institute of Islamic Thought (IIIT), 2024.

Asiah, Siti, Miftahul Huda, Amrin Amrin, Robby Kharisma, Dede Rosyada, and Abuddin Nata. "The Dynamics of Islam in Indonesia in the Perspective of Education." In Proceedings of the 4th International Colloquium on Interdisciplinary Islamic Studies in Conjunction with the 1st International Conference on Education, Science, Technology, Indonesian and Islamic Studies, ICIIS and ICESTIIS 2021, 20-21 October 2021, Jambi, 2022.

Bahri, Syaiful Djamarah. "Communication Patterns of Parents and Children in the Family." PT Rineka Cipta: Jakarta (2004).

Bahrudin, M. "The Construction of Morality Educational Concept (Analysis of Thinking Hamka)" (n.d.).

Bawa, Dahlan Lama. "The Concept of Parenting in Islamic Education Perspective Based on the Qur'an Surah Lukman Verse 13-19." Prosiding. Icaisunismuh. Org (2022): 397–409.

Sunarni, Sunarni. “Pengaruh Penggunaan Media Wall Chart Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih.” Molang: Journal Of Islamic Education 1, no. 01 (2023): 26–34.

Berglund, Jenny. "Liturgical Literacy as Hidden Capital: Experiences from Qur'an Education in Sweden." Apples-Journal of Applied Language Studies 13, no. 4 (2019): 15–25.

Dewi, Salamiah Sari, Amanah Surbakti, and Atika Mentari Nataya Nasution. "Islamic Parenting in Sandwich Generation." Psikis: Jurnal Psikologi Islami 8, no. 2 (2022): 182–191.

Fajri, Muhammad Dwi, and Didin Saepudin. "THE CONCEPT OF TAUHID EDUCATION IN THE FAMILY ENVIRONMENT: STUDY OF HAMKA'S PERSPECTIVE." Profetika: Jurnal Studi Islam 24, no. 01 (2023): 33–45.

Fajriyah, Siti, Didi Junaedi, and M Maimun. “Al-Falah Dan Al-Farah (Studi Ma’anil Qur’an Dan Tafsir Tematik Dalam Tafsir Al-Azhar).” Diya Al-Afkar: Jurnal Studi al-Quran dan al-Hadis 4, no. 02 (2016).

Hadi, Abdul. “Corak Penafsiran Tasawuf Hamka (Studi Penafsiran Ayat Tasawuf Dalam Tafsir Al-Azhar) Tahun 2019/2020.” Prosiding Penelitian Dosen UNISKA MAB (2020).

HAMKA, Tafsir al-Azhar. “Juz Xxx,(Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988).” Imam al Mahalli, Imam as (n.d.).

Hasan, Ibrahim. "Terms Educators in The Qoran." Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat 1, no. 2 (2022): 17–31.

Hasan, Moh Abdul Kholiq, and Khusnul Arifah Ma’sum. "The Relevance Between Values of Akhlak Education in Adnan and Syahid's Tafsir with Education Law in Indonesia." Jurnal Studi Al-Qur’an 20, no. 1 (2024): 35–51.

Hasnah, Radhiatul, and Marhamah Marhamah. "The Implementation of Father and Son Story in the Al-Qur'an in the Family Character Education." TA'DIB JOURNAL 25, no. 2 (2022).

Hermansyah, Hermansyah. “Studi Analisis Terhadap Tafsir Al-Munir Karya Prof. Dr. Wahbah Zuhaily.” El-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi 8, no. 1 (2015): 19.

Hidyayat, Rahmad, Ihsan Nul Hakim, Agita Misriani, Sri Murti, Syafrimen Syafril, and Faisal Faisal. "The Use of Poetic Narratives in Hamka's Qur'anic Exegesis Books, Tafsir Al Azhar." In 1st Raden Intan International Conference on Muslim Societies and Social Sciences (RIICMuSSS 2019), 37–43. Atlantis Press, 2020.

Junanah, M I S. “Nilai-Nilai Parenting Islami Dalam QS An-Nisaa’Ayat 9 Telaah Tafsir Al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab” (2021).

Kamilah, Saila Nur. “DHI’AFA DALAM SURAH ANNISA: 9 DAN RELEVANSINYA DENGAN FENOMENA STRAWBERRY GENERATION: STUDI TAFSIR AL-MISBAH.” MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 4 (2024): 196–207.

Kasmali, Kasmali. “Sinergi Implementasi Antara Pendidikan Akidah Dan Akhlak Menurut Hamka.” Jurnal Theologia 26, no. 2 (2015).

Khakim, Abdul, Mochamad Fajrin, Mohammad Ghofar Abdul Ghany, Riza Ayu Dewi Jayanti, and Lestari Budianto. "The Role Of Islamic Religious Education Teacher In Overcoming Youth Determination At Rembang State Vocational School." al-Afkar, Journal For Islamic Studies 6, no. 3 (2023): 672–682.

Khilmiyah, Akif, and Wahid Setiawan. "Character Education Concepts and Values in The Teaching of Gratitude (A Critical Analysis of Major Qur'anic Exegesis Texts)." Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 17, no. 2 (2021): 290–315.

Maghfiroh, Neneng, Annisa Nurul Hasanah, Abdul Aziz, Hengki Ferdiansyah, and Muhammad Aroka Fadli. “Parenting Dalam Islam.” Tanggerang Selatan, Banten: Yayasan Pengkajian Hadis el-Bukhari Institute (2013).

Maulana, Ansori, and Lidya Rahmadhani Hasibuan. "Analysis Of the Role of KPAI to Protect Violence Against Children." International Journal of Society and Law 2, no. 1 (2024): 6–10.

Mela, Lita, and Tulus Musthofa. "The Phenomenon of Bullying in Schools during the COVID-19 Pandemic: A Quranic Perspective." Dialogia 21, no. 1 (2023): 198–217.

Nabila, Salwa, and Ahmad Nabil Amir. "Parenting in Surah Luqman Verses 11-19 (Historical Study of Luqman Al-Hakim's Family)." AQWAL Journal of Qur'an and Hadis Studies 3, no. 2 (2022): 188–202.

Nurhadi, Nurhadi, and Muhammad Irhamuddin Harahap. "Teacher's Responsibility in Islamic Education (Relevance of Hamka and Hasan Langgulung Thought)." PALAPA 9, no. 1 (2021): 137–181.

Parwanto, Wendi. "Theological, Ecological, and Humanist Educational Values in the Tafsir of Surah Al-Falaq: Hamka's Perspective." El-Tarbawi 15, no. 2 (2022): 199–224.

Setiani, Amalina, and Muhammad Labib Syauqi. "The Perfection of Religion in the Qur'an: QS Al-Maidah Verse 3 in the View of Ibnu' Abbas and Hamka's Interpretation." International Journal of Social Science and Religion (IJSSR) (2020): 213–232.

Sihombing, Muhammad Ebin Rajab. "Shirk According to Buya Hamka in Al-Azhar Interpretation (Examining the History of Thought and Interpretation)." Taqaddumi: Journal of Quran and Hadith Studies 3, no. 2 (2023): 141–154.

Solichah, Aas Siti, and Muhammad Hariyadi. “PARENTING STYLE DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Analisis Ayat-Ayat Al-Qur’an Yang Berkaitan Dengan Istilah Anak).” Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an 21, no. 01 (2021): 111–126.

Sugiyono. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Edited by Alfabeta. Bandung, 2019.

Syarif, Syarif. "Spiritual Education Mission in the Mufassirin Perspective." TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 1 (2020): 23–44.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-05

Cara Mengutip

Ferdian, F., Cholidi, C., & maryamah, maryamah. (2024). Nilai, Parenting Islami Nilai-Nilai Parenting Islami Dalam QS. Luqman Ayat 13, 16 Dan 17 Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka Dan Relevansinya Dengan Kehidupan Masa Kini. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 13(01), 181–201. https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7594

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.