Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Hidden Curriculum Di Pondok Pesantren Modern Al-Fahd Jakabaring Palembang

Penulis

  • Khoirul Amin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Abdurrahmansyah Abdurrahmansyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Fauzi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7609

Kata Kunci:

Keywords: Internalisation; Religious Moderation Values; Hidden Curriculum

Abstrak

Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui hidden curriculum di pondok pesantren merujuk pada proses tidak langsung di mana nilai-nilai moderasi dalam beragama secara tidak eksplisit diajarkan kepada para santri melalui norma, kebiasaan, dan budaya yang diamati dan dihayati dalam lingkungan pesantren. Dalam konteks pondok pesantren, hidden curriculum merujuk pada aspek-aspek non-akademis dari pengalaman belajar, yang tidak secara eksplisit diajarkan melalui kurikulum resmi, tetapi diserap melalui pengalaman sehari-hari dan interaksi sosial. Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui hidden curriculum di pondok pesantren menunjukkan bagaimana nilai-nilai seperti toleransi, kedamaian, kerjasama antarumat beragama, dan sikap moderat dalam pendekatan terhadap perbedaan keyakinan religius tercermin dalam kehidupan sehari-hari pesantren. Keterkaitan antara hidden curriculum dan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama terletak pada pengaruh tidak langsung yang diberikan oleh norma-norma, nilai-nilai, dan budaya yang mempengaruhii lingkungan pendidikan. Hidden curriculum mencakup segala aspek pengajaran dan pembelajaran yang tidak tercantum secara eksplisit dalam kurikulum formal, namun tetap memberikan dampak signifikan pada pembentukan karakter, sikap, dan nilai-nilai siswa. Dalam konteks moderasi beragama, hal ini mengacu pada internalisasi nilai-nilai yang menciptakan sikap moderat, toleran, dan terbuka terhadap perbedaan agama.

Referensi

Adnan, Prof Dr Gunawan. SOSIOLOGI AGAMA: MEMAHAMI TEORI DAN PENDEKATAN. Ar-Raniry Press, 2020.

Andayani, Endah, Lilik Sri Hariani, and Muchammad Jauhari. “Pembentukan Kemandirian Melalui Pembelajaran Kewirausahaan Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran Sosial Dan Kesadaran Ekonomi.” Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi 6, no. 1 (April 19, 2021): 22–34. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5143.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Amin, K., Abdurrahmansyah, A., & Fauzi, M. . (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Hidden Curriculum Di Pondok Pesantren Modern Al-Fahd Jakabaring Palembang. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 13(01), 148–163. https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7609

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.