Principal as an Agent of Change in Improving Educators' Human Resources at MTS Al-Washliyah Tembung

Penulis

  • Hasana Fadilla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nasrul Saykur Chaniago North Sumatra State Islamic University

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7617

Kata Kunci:

Quality improvement; Human resource change management; Innovative strategies.

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kepala sekolah yang tidak hanya dituntut sebagai pemimpin administratif, tetapi juga sebagai agen perubahan yang aktif mendorong inovasi dan kemajuan di seluruh aspek pendidikan. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang memengaruhii perkembangan pendidikan, di mana perubahan yang dinamis dan cepat sehingga menuntut peran aktif kepala sekolah sebagai motivator, pemimpin, dan pengarah sumber daya manusia di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pengurus dan anggota MTs Al-Washliyah Tembung, observasi partisipan, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa dapat terwujud sekolah-sekolah yang mampu beradaptasi dengan dinamika perubahan, menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif dengan menghasilkan SDM pendidik yang unggul serta siap menghadapi tantangan masa depan

Referensi

Abdulloh, & Mahdali, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Peran Kepala Sekolah. Studia Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/studiamanageriahttp://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/studiamanageria/index

Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jumpa: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jumpa

Arifin, S. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Mewujudkan Perubahan Sekolah.

Aswaruddin. (2021). Manajemen Pendidikan Konsep & Teori. Undhar Press.

Ayudia, C. (2020). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkanpartisipasi Orang Tua Di Sdn Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 100–831.

Baro’ah. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1).

Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islami Di Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi. At-Tajdid, 1(1).

Fadhli, M. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Menciptakan Sekolah Efektif. Jurnal Tarbiyah , 23, 23–44.

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jamin, A., Hasanah, I. A., & Albaniah, T. (2021). Kepala Sekolah Sebagai Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru: Studi Kasus MAN 3 Kota Jambi. Jurnal Pengajaran Dan Kajian Islam, 1(1), 54–63.

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138

Kosman. (2022). Peran Pengawas Sebagai Agen Perubahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Kuswaeri, I. (2017). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidika, 2(02).

Marpaung, S. F. (2021). Etika Manajemen. Perdana Mulya Sarana.

Murwantini, S. (2017). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Di Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Taman Vokasi, 5(2), 196–202. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi

Muttaqien, M. I., Mustofa, L., Yumnansa, F. R., Malik, M. M., & Buzairi, M. (2023). Peran Kepemimpinan dalam Membangun Model Pembaharuan Lembaga Pendidikan The Role of Leadership in Building a Renewal Model for Educational Institutions. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(1). https://doi.org/10.56338/jks.v7i1.4918

Nasir, M., Basalamah, J., & Murfat, M. Z. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional, Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Celebes Equilibrum Journal, 1(2), 1–11.

Nurnaningsih, Norrahman, R. A., & Wibowo, T. S. (2023). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Konteks Manajemen Pendidikan. Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2). https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr

Pianda. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Purnama, B. J. (2016). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 12(2), 27.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press.

Ristianti, M., & Annur, S. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Educator dalam Meningkatkan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi. 3(2). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/studiamanageriahttp://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/studiamanageria/index

Riyatuljannah, T. (2020). Peran Dan Fungsi Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Efektif Di Lingkungan Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(2), 1–13. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-aulad

Safrijal, F. T. (2023). Kepemimpinan Dalam Pendidikan. Economica Didactica, 4, 1–5.

Salamah, umi. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kualifikasi Dan Kompetensi Akademik. Evaluasi. Evaluasi, 3(1), 61–73. https://doi.org/http://doi.org/10.32478/evaluasi .v3i1.230

Sayuti, F. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 3(1). https://doi.org/10.1080/13603120903244879

Siahaan, A. (2018). Kepemimpinan Pendidikan. Cv. Widya Puspita.

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3).

Sugiyanto, E., & Abdullah, G. (2022). Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Adiwiyata di Smp Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6).

Sumardi, Sufi, I. S., Nurfaizi, & Umiati. (2023). Peran Kepemimpinan Sebagai Agen Perubahan Dalam Menyelenggarakan Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan Widya Tama, 20(2).

Susmiyati, S. (2023). Mendongkrak Profesionalitas Kinerja Guru Madrasah.

Tanjung, R., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Kata kunci. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/

Yanto, T., Syaodih, C., Puspitasari, D., Septima, D., & Restiana, R. (2023). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN Bojongsoang 1. AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(2), 366–377. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.574

Yuliandari, N. P. S., Gunawan, I. G. D., Jatiyasa, I. W., Binawati, N. W. S., & Diatmika, I. D. G. N. (2023). Pendidikan Karakter dan Moralitas Dalam Ajaran Catur Guru. Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-09

Cara Mengutip

Fadilla, H., & Saykur Chaniago, N. . (2024). Principal as an Agent of Change in Improving Educators’ Human Resources at MTS Al-Washliyah Tembung. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 13(01), 108–122. https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7617

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.