Pedampingan Manajemen Cashless di Pondok Pesantren As Sirajul Munir Desa Nepa Banyuates Sampang

Penulis

  • Munawaroh Munawaroh Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Mahmudi Mahmudi Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang
  • Iftihor Iftihor Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang

Kata Kunci:

Pendampingan , Manajemen, Cashless, Kartu Sakti

Abstrak

Kartu Sakti merupakan Sistem dan alat  belanja santri Pondok Pesantren As Sirajul Munir Banyuates Sampang, ide pemikiran dibuatkannya sistem tersebut untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh pondok pesantren. Permasalahan tersebut meliputi (1) uang belanja santri tidak terkontrol oleh pengurus serta adanya ketimpangan uang belanja santri yang berasal dari ekonomi yang berkecupan akan menghabiskan belanja yang banyak. Kondisi seperti ini akan menciptakan kecemburuan sosal bagi santri yang lain, pengurus segera menyikapi kondisi seperti ini karena beberapa pengamatan dan hasil evaluasi dari hasil kasus yang terjadi ada beberapa santri akan terpengaruh dengan pola hidup santri yang ekonominya berkecupan terhadap santri yang ekonominya yang lemah. (2) Sering terjadinya kasus kehilangan uang santri, berdasarkan hasil evaluasi pengurus setiap bulan, kasus kehilangan uang santri bisa terjadi setiap hari. (3) bisa mengatur uang belanja santri dengan kebijakan pesantren. (4) orang tua bisa mengontrol serta evaluasi uang belanja anaknya (5) pengurus pesantren melakukan sosialisasi sistem ini. Kegiatan pengadian masyarakat yang dilakukan ini menggunakan konsep talkshow sehingga diharapkan pengabdian masyarakat ini mampu membantu suksesnya program cashless Pondok Pesantren As Sirajul Munir Banyuates Sampang. Terdapat beberapa kekurangan dalam acara ini diantaranya belum seluruhnya santri dan wali santri hadir acara ini dan belum terlaksnananya layanan cashless digital.

Referensi

Azmi ulil, Manjemen Peserta Didik Di Sekolah Berbasis Pesantren,2020file:///C:/Users/MatriX/Downloads/46-Article%20Text- 150-1-10-20200331.pdf di akses pada Tanggal 17 September 2021 pukul 20:04.

Fitri, S. (2020). Pelatihan Pengelolaan E-Commerce pada Yayasan Pondok Pesantren Al-Hikmah Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 273-279.

Irawan, E. (2019). Digitalisasi Madrasah di Era Revolusi Industri 4.0: Refleksi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 160-168.

Jadid, P. P. (2020, Oktober 31). Kartu E-Bekal NJ Sebagai Akses Pelayanan Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid. 14 Februari 2021, p. 1.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1-3.

Syafiih, M. (2020). PKM Peningkatan Keahlian Ibu PKK di Desa Karanganyar dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) melalui Olahan Abon Ikan Laut dan Nugget. GUYUB: Journal of Community Engagement, 90-102.

Wanto, A. (2018). Pelatihan dan Bimbingan dalam Pemanfaatan Internet yang Baik dan Aman bagi Pelajar SMK Anak Bangsa Desa Bandar Siantar Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 149- 157.

Zayyadi, M. (2020). E-Santri Sebagai Aplikasi Pembelanjaan dan Pembayaran Mandiri oleh Santri di Pondok Pesantren Az Zubair. Jurnal Solusi Masyarakat, 300-307

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-31 — Diperbaharui pada 2022-09-01

Versi

Cara Mengutip

Munawaroh, M., Mahmudi, M., & Iftihor, I. (2022). Pedampingan Manajemen Cashless di Pondok Pesantren As Sirajul Munir Desa Nepa Banyuates Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 9–15. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/khidmah/article/view/6124 (Original work published 31 Oktober 2022)

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.