MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DI PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Analisis Potret Kesetaraan Gender di STAIN Ponorogo)

  • Erma Millati Faizah Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun

Abstract

Manajemen perguruan tinggi merupakan kemampuan mengelola perguruan tinggi secara integral dan menyeluruh. Tiga kewajiban yang dimiliki perguruan tinggi berupa pendidikan, penelitian (riset) dan pengabdian kepada masyarakat yang mana dikenal dengan tri dharma perguruan tinggi. Inilah yang membedakan Perguruan tinggi dengan sekolah atau madrasah pada umumnya. penelitian ini bertujuan untuk memotret realitas obyektif di lembaga pendidikan, maka analisis yang digunakan adalah analisis institusional yang ditopang oleh analisis individual. Perangkat teoritis yang dijadikan sebagai pisau analisis untuk membaca data adalah teori-teori gender. Terutama meneropong responsifitas gender di kalangan civitas akademika. Manajemen responsif gender ini digunakan sebagai alat baca untuk melihat keretakan yang terjadi antara teori dengan praktek. Bisa jadi secara konseptual, manajemen ini sudah cukup bagus, tapi karena nilai-nilai netralitas gender dan konservatisme wacana yang mengeram dalam nir-sadar masing-masing individu, maka relasi gender yang terjadi menunjukkan subordinasi terhadap perempuan, hingga kesenjangan antara teori dan praktekpun tak dapat dihindari lagi.

Kata Kunci: Manajemen, Kepemimpinan dan Gender

References

Abbas, Syahrizal. 2009. Manajemen Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

Abdullah, Amin. dalam Kebijakan Kepemimpinan Perempuan Dalam Institusi Perguruan Tinggi: Pengalaman UIN Sunan Kalijaga. Artikel disampaikan dalam seminar nasional LAPIS PGMI pada tanggal 26 – 28 Mei 2009 di Surabaya.

Ali, Lukman. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisis Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
Dokumentasi Personalia Pimpinan/Pejabat Senat STAIN Ponorogo periode 2010-2014.

Fakih, Mansour. 1996. Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Cet I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, Qamaruddin. 1999. Kata Pengantar, dalam Zaitunah Subhan, Tafsir Kebencian Studi Bias Gender dalam Tafsir Qur’an. Yogyakarta: LkiS.

Muhaimin. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam; Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum Hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi Dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rasyidah dkk. 2008. Potret Kesetaraan Gender di Kampus. PSW IAIN Ar-Raniry Aceh kerjasama dengan Canadian International Development Agency.
Published
2013-12-10
How to Cite
Faizah, E. M. (2013). MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DI PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Analisis Potret Kesetaraan Gender di STAIN Ponorogo). El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 1(2). https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v1i2.2313
Section
Articles