STRATEGI PEMASARAN MADRASAH DINIYAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH MURID (Studi Kasus Madrasah Diniyah Darul Ulum Mangunsuman)

  • Mella Mardayanti
  • Amirul Muttaqin

Abstract

Peningkatan jumlah murid dapat dijadikan acuan tanda keberhasilan
madrasah dalam menjalankan perannya sebagai lembaga pendidikan. Dimana
semakin baik produk dan layanan dari sebuah lembaga pendidikan maka akan
semakin baik citra dan pandangan masyarakat terhadap lembaga pendidikan
tersebut. permasalahan menurunnya jumlah murid pendaftar terhadap madrasah
menandakan berkurangnya tingat kepercayaan masyarakat terhadap sebuah
lembaga pendidikan, sehingga harus segera dicarikan solusinya. Hal ini terjadi di
Madrasah Diniyah Darul Ulum Mangunsuman dimana terdapat pengurangan
jumlah pendaftar dibeberapa tahun terakhir.Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif dengan analisis logis dimana pengambilan data
menggunakan wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam
menentukan kredibelitas data menggunakan teknik triangulasi, dilanjutkan
dengan analasis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data,
dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian terkait strategi pemasaran madrasah
diniyah ini dilakukan untuk mengatasi masalah madrasah terkait dengan
jumlah murid pendaftar yang kian berkurang pada 3 tahun terakhir. Sedangkan
implementasinya strategi pemasaran yakni dengan menerapkan konsep bauran
pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, dan physical
evidence) dengan hasil dapat meningkatkan jumlah murid pendaftar sebanyak 13
murid, meskipun masih belum mencapai kuota yang disediakan yakni sebanyak
20 kursi.

Published
2020-03-24
How to Cite
Mardayanti, M., & Muttaqin, A. (2020). STRATEGI PEMASARAN MADRASAH DINIYAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH MURID (Studi Kasus Madrasah Diniyah Darul Ulum Mangunsuman). El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 7(2), 209-218. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v7i2.3831
Section
Articles