STRATEGI PEMASARAN MADRASAH DINIYAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH MURID (Studi Kasus Madrasah Diniyah Darul Ulum Mangunsuman)
Abstrak
Peningkatan jumlah murid dapat dijadikan acuan tanda keberhasilan
madrasah dalam menjalankan perannya sebagai lembaga pendidikan. Dimana
semakin baik produk dan layanan dari sebuah lembaga pendidikan maka akan
semakin baik citra dan pandangan masyarakat terhadap lembaga pendidikan
tersebut. permasalahan menurunnya jumlah murid pendaftar terhadap madrasah
menandakan berkurangnya tingat kepercayaan masyarakat terhadap sebuah
lembaga pendidikan, sehingga harus segera dicarikan solusinya. Hal ini terjadi di
Madrasah Diniyah Darul Ulum Mangunsuman dimana terdapat pengurangan
jumlah pendaftar dibeberapa tahun terakhir.Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif dengan analisis logis dimana pengambilan data
menggunakan wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam
menentukan kredibelitas data menggunakan teknik triangulasi, dilanjutkan
dengan analasis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data,
dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian terkait strategi pemasaran madrasah
diniyah ini dilakukan untuk mengatasi masalah madrasah terkait dengan
jumlah murid pendaftar yang kian berkurang pada 3 tahun terakhir. Sedangkan
implementasinya strategi pemasaran yakni dengan menerapkan konsep bauran
pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, dan physical
evidence) dengan hasil dapat meningkatkan jumlah murid pendaftar sebanyak 13
murid, meskipun masih belum mencapai kuota yang disediakan yakni sebanyak
20 kursi.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA