مهارة القراءة : محتواها وطريقة تدريسها (تجربة قسم اللغة العربية بالجامعة الإسلامية الحكومية)

  • Moh. Munir

Abstract

Abstrak: Salah satu keterampilan berbahasa yang empat adalah keterampilan membaca. Keterampilan ini meskipun dikatagorikan sebagai keterampilan berbahasa pasif, namun keterampilan ini merupakan keterampilan yang sangat penting terutama bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab. Hal tersebut dikarenakan ia menjadi jendela untuk mengetahui dan memahami berbagai referensi dan literatur kebahasa araban yang mayoritas memang masih tertulis dengan Bahasa al-qur’an ini. Jurusan pendidikan bahasa arab IAIN Ponorogo dengan segala keterbatasannya telah berupaya untuk  melakukan berbagai upaya agar pengajaran keterampilan ini berhasil sesuai goal yang diharapkan. Artikel sederhana ini akan mengurai hal tersebut dari dua sisi yaitu dari sisi content yang diajarkan dan metode yang digunakan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis model interaktif yang digagas oleh Miles dan Huberman, artikel ini menyimpulkan bahwa content keterampilan membaca yang diajarkan telah mengikuti teori RushdÄ« Å¢u’aimah yang mengatakan bahwa content tersebut haruslah tertulis dengan bahasa arab fuşħâ, sesuai dengan kecenderungan dan usia pembelajar, serta terdiri dari berbagai kosa kata yang saling terkait. Di samping itu, metode yang digunakan adalah metode membaca yang dimulai dengan pengenalan bunyi bahasa dan diakhiri dengan pengungkapan content dengan bahasa arab oleh pembelajar.

Published
2020-06-20
How to Cite
Munir, M. (2020). مهارة القراءة : محتواها وطريقة تدريسها (تجربة قسم اللغة العربية بالجامعة الإسلامية الحكومية). El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 8(1), 1-28. https://doi.org/10.35888/el-wasathiya.v8i1.3928
Section
Articles