مهارة القراءة : Ù…Øتواها وطريقة تدريسها (تجربة قسم اللغة العربية بالجامعة الإسلامية الØكومية)
Abstrak
Abstrak: Salah satu keterampilan berbahasa yang empat adalah keterampilan membaca. Keterampilan ini meskipun dikatagorikan sebagai keterampilan berbahasa pasif, namun keterampilan ini merupakan keterampilan yang sangat penting terutama bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab. Hal tersebut dikarenakan ia menjadi jendela untuk mengetahui dan memahami berbagai referensi dan literatur kebahasa araban yang mayoritas memang masih tertulis dengan Bahasa al-qur’an ini. Jurusan pendidikan bahasa arab IAIN Ponorogo dengan segala keterbatasannya telah berupaya untuk melakukan berbagai upaya agar pengajaran keterampilan ini berhasil sesuai goal yang diharapkan. Artikel sederhana ini akan mengurai hal tersebut dari dua sisi yaitu dari sisi content yang diajarkan dan metode yang digunakan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis model interaktif yang digagas oleh Miles dan Huberman, artikel ini menyimpulkan bahwa content keterampilan membaca yang diajarkan telah mengikuti teori Rushdī Ţu’aimah yang mengatakan bahwa content tersebut haruslah tertulis dengan bahasa arab fuşħâ, sesuai dengan kecenderungan dan usia pembelajar, serta terdiri dari berbagai kosa kata yang saling terkait. Di samping itu, metode yang digunakan adalah metode membaca yang dimulai dengan pengenalan bunyi bahasa dan diakhiri dengan pengungkapan content dengan bahasa arab oleh pembelajar.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Persyaratan yang harus dipenuhi oleh penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak naskah publikasi pertama bersamaan dengan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pernyataan kepenulisan pekerjaan dan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis dapat masuk ke dalam penyusunan kontrak tambahan terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi kaya isu jurnal (misalnya: posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
-
Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta kutipan sebelumnya dan lebih parah dari karya yang diterbitkan. (lihat Pengaruh Open Access ).
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA