DESAIN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

  • Bermawy Munthe Guru Besar Filsafat Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstrak

Makalah ini meneliti strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan mendiskusikan karakteristik Pendidikan Agama Islam, fungsi stategi pembelajaran dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam, kompleksitas dwi-domain kognitif dan afektif dalam strategi pembelajarannya dan interkoneksi tabiat Pendidikan Agama Islam dengan pengembangan strategi pembelajaran dalam perspektif psikologi kognitif. Tampaknya strategi pembelajaran aktif satu alternatif yang memungkinkan partisipasi dan keterlibatan aktif peserta siswa dalam proses pembelajaran yang pada gilirannnya memudahkan terjadinya perubahan dari belum kompeten menjadi kompeten atau dari belum mengerti menjadi mengerti. Srategi pembelajaran sebagai kunci peningkatan jaminan kualitas pembelajaran karena guru adalah ujung tombak perobahan. Kualitas pengajaran dan pendidikan satu bangsa berada di kualitas proses pembelajaran seorang guru. Strategi pembelajaran yang efektif dan efisien memungkinkan kualitas kompetensi hasil belajar yang baik akan memungkinkan tingkat kualitas kompetisi yang baik pula.

Referensi

Angelo, Thomas. 1993. A Classroom Assessment Techniques: A Handbook for College Teachers, San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Apps, J.W. 1991. “Towards A Working Philosophy of Adult Education”, dalam Continuing Education dan ERIC Clearinghouse on Adult Education, No. 36, Syracuse: Syracuse University Publications dalam, 1973.

________, Mastering the Teaching Adult, Malabar, Fla.: Krieger.

Blank, William, E. 1982. Handbook for Developing Competency-Based Training Programs, New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Brookfield, S. 1986. Understanding and Faciliting Adult Learning, San Francisco: Jossey-Bass.

Cafarella, Rosemary S. 1994. Planning Programs for Adult Learners: A Practical Guide For Educators, Trainers and Staff Developers, San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Canno, Robert dan David Newble. 1995. A Handbook for Teachers in Universities & Colleges, Adelaide: Cogan Page, 1995.

Cranton, Patricia. 1995. Planning Instruction for Adult Learners, Toronto: Wall & Emerson, Inc.

_______ 1992, Working With Adult Learners, Toronto: Wall & Emerson, Inc,.

_______ 1988. “Selecting Instructional Strategies,” JOURNAL OF HIGHER EDUCATION, 57 (3), 259-0298.

Cross, K. Patricia. 1984. Adults as Learners, San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Cross, K. Patricia. 1981. Adult Learners: Increasing Participation and Facilitating Learning, San Francisco, California: Jossey-Bass, Inc. Publisher.

Cruickshank, Donald R., dan kawan-kawan .1995. The Act of Teaching, Toronto: McGraw-Hill, Inc.

Fraser, Kym. 1996. Student Cantered Teaching:The Development and Use of Conceptual Frameworks, Jamison Centre, Australia: Higher Education Research and Development Society of Australia.
Knowles, Malcolm. 1980. The Modern Practice of Adult Education, New York: Association Press.

Lovel-Troy, L. dan Eickman, P. 1992. Course Design for College Teacher, New Jersey: Educational Technology Publication.

McKeachie, Wilber J, (Ed.). 1994. Teaching Tips, Toronto: DC, Hearth and Company.

Munthe, Bermawy. 2009. Kunci Praktis Desain Pembelajaran, Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development)

Novak, J. 1977. A Theory of Education, Ithaca, New York: Cornell University Press.

Novak, J.D. 1991. “Clarify with Concept Maps”, The Science Teacher, 58:7, October.

Ramsden, P. 1992. Learning To Teach in Higher Education, New York: Rutledge.

Renner, Peter. 1994. The Art of Teaching Adults, Vancouver; Training Associates.

Silberman, M. 1996. Active Learning: 101 Strategies To Teach Any Subject, Toronto: Alyn Bacon.

Toohey, Susan. 1999. Designing Courses for Higher Education, Buckingham; SRHE and Open University Press.

Zaini, Hisyam, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD (Center for Teaching Staff Development)
Diterbitkan
2013-06-13
Bagian
Articles