BAHASA DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

  • Nur Fadly Hermawan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstrak

Iklan diwujudkan dalam bentuk yang bervariasi (deklaratif, interogatif, imperative atau gabungan darinya), namun kesemuanya menyatakan fungsi meminta atau mengajak untuk melakukan sesuatu. Hal ini sesuai dengan sifat iklan yang bersifat persuasive. Kemudian, ragam bahasa yang digunakan adalah ragam usaha, serta pada umumnya iklan disajikan dengan bahasa sederhana dan gaya yang cukup menarik, yang antara lain terlihat pada aspek tipografi, ungkapan yang puitis, dan penggunaan repetisi. Sebagai bentuk wacana, bahasa iklan memiliki ciri dan karakter tertentu. Dalam iklan, penggunaan bahasa menjadi salah satu aspek penting bagi keberhasilan iklan. Oleh karena itu bahasa iklan harus mampu menjadi manifestasi atau presentasi dari hal yang tujuannya ialah untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik dengan sesuatu yang diiklankan.

 

Kata Kunci: Iklan, Penggunaan Bahasa 

Referensi

Hakim, Budiman. 2007. Ngobrolin Iklan, Yuk!.Yogyakarta: Galang Press.

Liliweri, Alo. 2001. Dasar- Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana; Teori, Metode dan Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Anggota IKAPI.

Rani, Abdul dkk. 2000. Analisis Wacana; Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.

Suwandi, Sarwiji. 2008. Serba Linguistik. Surakarta: UNS Press.
Diterbitkan
2016-08-27
Bagian
Articles