PENGARUH E-WOM, EASE OF USE AND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE MELALUI LIFESTYLE PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI SURAKARTA

  • asih handayani universitas slamet riyadi
  • Aris Eddy Sarwono Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Desinta Pratiwi Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM), Ease of Use dan Trust terhadap Lifestyle serta dampaknya terhadap keputusan pembelian pelanggan Shopee di Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ease of Use, E-WOM, Trust berpengaruh terhadap gaya hidup. E-WOM dan Trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian tetapi berbeda dengan Ease of Use tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulannya, Lifestyle merupakan variabel intervening yang dapat memediasi pengaruh variabel E-WOM dan Ease of Use terhadap keputusan pembelian.

Diterbitkan
2022-06-30
Bagian
Articles