Pembiasaan Empat Karakter Kenabian di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Analisis Program Kegiatan MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura, Sukoharjo)
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2951Keywords:
Habituatio; Education; Prophetic Character.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pembiasaan karakter kenabian melalui manajemen kegiatan siswa di madrasah. Informasi digali melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, karakter kenabian diimplementasikan berdasarkan indikator yang diinginkan oleh madrasah. Kedua, pendidikan karakter dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan yang sebelumnya direncanakan melalui program kerja dari berbagai bidang di madrasah. Ketiga, pelaksanaan dilakukan oleh semua pihak, siswa sebagai sasaran dan guru sebagai fasilitator. Keempat, evaluasi dilakukan secara berkala dan selalui menyesuaikan kasus-kasus yang terjadi di lapangan. Kelima, output dari penanaman karakter kenabian adalah siswa terbiasa melaksanakan pembiasaan-pembiasaan di luar madrasah. Kata Kunci: pembiasaan, pendidikan, karakter kenabian. This study aims to find habituation prophetic character through management of student activities at the school. The information collected through interviews, observation and documentation then analyzed by qualitative descriptive approach. The findings of the study are: 1) the character of prophetic implemented based on the indicators desired by the madrassa, 2) The character education is developed through activities that planned through the work program of the various fields in madrassas, 3)the implementation by all parties, students as a target and the teacher as a facilitator, 4) evaluation conducted regularly and kept up-to adjust the cases occurred in the field, 5) output of planting prophetic character is used to implement student habituation-conditioning outside the madrassa. Keywords : Habituation, Education, Prophetic Character.References
Aqib, Z. Pendidikan Karakter di Sekolah: 2012, Membangun Karakter dan Kepribadian Anak. Bandung: Yrama Widya.
Azra, A. 1999, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru.Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 2001.
Afandi, R. “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasarâ€, Jurnal Pedagogia, Vol. 1, Nomor 1, 2011.
Sukmadinata. 2015, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Wiyani, N. A. & Barnawi. 2012, Ilmu Pendidikan Islam: Rancang Bangun Konsep Pendidikan Monokotomik-Holistik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Larson, K. 2009, “Understanding the Importance of Character Educationâ€, Thesis, University of Wisconsin-Stout.
Kamaruddin “Character Education and Students Social Behaviourâ€, Journal of Education and Learning, Volume 6, Nomor 4, 2012.
Azra, A. 1999, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru.Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 2001.
Afandi, R. “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasarâ€, Jurnal Pedagogia, Vol. 1, Nomor 1, 2011.
Sukmadinata. 2015, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Wiyani, N. A. & Barnawi. 2012, Ilmu Pendidikan Islam: Rancang Bangun Konsep Pendidikan Monokotomik-Holistik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Larson, K. 2009, “Understanding the Importance of Character Educationâ€, Thesis, University of Wisconsin-Stout.
Kamaruddin “Character Education and Students Social Behaviourâ€, Journal of Education and Learning, Volume 6, Nomor 4, 2012.
Downloads
Published
2017-07-01
How to Cite
Yulianto, R. (2017). Pembiasaan Empat Karakter Kenabian di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Analisis Program Kegiatan MI Muhammadiyah Program Khusus Kartasura, Sukoharjo). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(01). https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2951
Issue
Section
Articles