Reaktualisasi Materi PAI dalam Analisa Sosio-Psikologis
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3492Keywords:
reaktualisasi, materi, PAI, Sosio-psikologisAbstract
The Islamic religious education is always in the spotlight as the education system in Indonesia. It is couse of its strategic position in growing the emotional and spiritual maturity of students. Many facts,where the content of this matery is evaluated, show a different reality that ensures its minimal role and almost nonexistent. This condition makes it get more attention, especially by seeking sociological and anthropological studies in it. By using structural functionalism and humanism approaches, we get an understanding that Islamic religious education must be touched by a sociological and psicological perspective through material content, teachers, principals and school environments all of which are oriented to the broadest interests of humanbeing.References
Bahri, Samsul. 2016. Perspektif Teori Strukural Fungsionalime Tentang Ketahanan Sistem Pendidikan Pesantren. Miqot. Vol.40, No.1
Beilharz, Peter. 2016. Teori-Teori Social; Observasi Kritis Terhadap Para Filosof Terkemuka. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Elihami.2018. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Jurnal Edumaspul, 2 (1), Februari
Hadi, Imam Anas. 2017. Peran Penting Psikologi Dalam Pendidikan Islam. Nadwa Jurnal Pendidikan IslamVol. 11, Nomor 2
Haryu.2007. Pendidikan Agama Islam Berbasis Transpersonal (Suatu Pendekatan Psikologi Transpersonal).Tadrîs.Volume 2. Nomor 1
Huda, Miftahul. 2015. Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 10, No. 1, Februari
Mahmudin, Afif Syaiful. 2018. Pendidikan Islam Dan Kesadaran Pluralisme. Ta‘limuna, Vol. 7, No. 1, Maret 2018-ISSN 2085-2975
Marzali, Amri. 2014. Strukural fungsionalisme.Antropologi. No 52
Mo’tasim. 2017. Dimensi Sosiokultural Pendidikan Agama Islam;Analisis Konsep. Al-Ibrah|Vol. 2 No. 1 Juni
Muhammadin. 2017. Islam dan Humanisme. Jurnal Sudi Islam. Vol.1 No.2 Desember
Nasron, H.M.2015. Pola Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Nuansa Vol. VIII, No. 2, Desember
Noor, Wahyudin. 2014. Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Qathrunâ Vol. 1 No.1 Periode Januari-Juni
Nurmadiah.2014. Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Afkar Vol. III, No. II, Oktober
Nurmiyanti,Leni. 2018. Pendidikan Agama Islam Sebagai Pondasi Sosial Budaya Dalam Kemajemukan.Istighna, Vol. 1, No 2, Juli 2018 P-ISSN 1979-2824
Saekan,Mukhamad. 2017. Ideologi Kemanusiaan Dalam Pendidikan Agama Islam.Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 12, No. 1, Februari
Tafsir,Ahmad. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja RosdaKara.
Ulwiyah,Nur. 2015. Landasan Psikologi Dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Islam. Religi: Jurnal Studi Islam. Volume 6, Nomor 1, April 2015; ISSN: 1978-306X; 76-99
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003.Sisem Pendidikan Nasional. Tanggal 8 Juli 2003
Beilharz, Peter. 2016. Teori-Teori Social; Observasi Kritis Terhadap Para Filosof Terkemuka. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Elihami.2018. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Jurnal Edumaspul, 2 (1), Februari
Hadi, Imam Anas. 2017. Peran Penting Psikologi Dalam Pendidikan Islam. Nadwa Jurnal Pendidikan IslamVol. 11, Nomor 2
Haryu.2007. Pendidikan Agama Islam Berbasis Transpersonal (Suatu Pendekatan Psikologi Transpersonal).Tadrîs.Volume 2. Nomor 1
Huda, Miftahul. 2015. Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 10, No. 1, Februari
Mahmudin, Afif Syaiful. 2018. Pendidikan Islam Dan Kesadaran Pluralisme. Ta‘limuna, Vol. 7, No. 1, Maret 2018-ISSN 2085-2975
Marzali, Amri. 2014. Strukural fungsionalisme.Antropologi. No 52
Mo’tasim. 2017. Dimensi Sosiokultural Pendidikan Agama Islam;Analisis Konsep. Al-Ibrah|Vol. 2 No. 1 Juni
Muhammadin. 2017. Islam dan Humanisme. Jurnal Sudi Islam. Vol.1 No.2 Desember
Nasron, H.M.2015. Pola Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Nuansa Vol. VIII, No. 2, Desember
Noor, Wahyudin. 2014. Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Qathrunâ Vol. 1 No.1 Periode Januari-Juni
Nurmadiah.2014. Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Afkar Vol. III, No. II, Oktober
Nurmiyanti,Leni. 2018. Pendidikan Agama Islam Sebagai Pondasi Sosial Budaya Dalam Kemajemukan.Istighna, Vol. 1, No 2, Juli 2018 P-ISSN 1979-2824
Saekan,Mukhamad. 2017. Ideologi Kemanusiaan Dalam Pendidikan Agama Islam.Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 12, No. 1, Februari
Tafsir,Ahmad. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja RosdaKara.
Ulwiyah,Nur. 2015. Landasan Psikologi Dan Aktualisasinya Dalam Pendidikan Islam. Religi: Jurnal Studi Islam. Volume 6, Nomor 1, April 2015; ISSN: 1978-306X; 76-99
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003.Sisem Pendidikan Nasional. Tanggal 8 Juli 2003
Downloads
Published
2019-08-13
How to Cite
Maimun, M. (2019). Reaktualisasi Materi PAI dalam Analisa Sosio-Psikologis. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(01), 1053–1064. https://doi.org/10.32806/jf.v9i2.3492
Issue
Section
Articles