Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7342Keywords:
Teknologi Pendidikan; Inovasi Pembelajaran; Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website yang diperuntukkan sebagai media pembelajaran. Website ini diberi nama “Haistudent.com†yang mempunyai fitur pendukung seperti pemutaran video hingga pengumpulan tugas dalam 1 website. Produk pengembangan yang dihasilkan ada dua macam 1) Buku: panduan penggunaan website Haistudent.com, 2) Software: website pembelajaran bernama “Haistudent.comâ€. Website ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa saat ini, serta memperhatikan aspek kelayakan, kepraktisan dan efektivitas produk. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kelayakan produk media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X ditentukan melalui uji validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Uji praktikalitas produk dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian angket yang dibagikan kepada guru dan siswa.Sedangkan untuk mengetahui uji keefektifan melalui instrumen pre-test dan post-test kemudian diolah menggunakan SPSS dengan melakukan uji normalitas dan uji parametrik. Hasil yang diperoleh dari hasil validasi ahli media (90%), materi (94,6%) dan bahasa (100%) pada uji kelayakan memperoleh hasil keseluruhan sebesar 94,87% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil uji praktikalitas memperoleh hasil sebesar 92,36% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan pada uji efektivitas menggunakan uji T dengan signifikansi 0,001 ≤ 0,05. Artinya hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan hasil data pre-test dan post-test. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan website “Haistudent.com†sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswaReferences
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Anwar, Citra Rosalyn. Belajar Dari Rumah: Difusi Dan Inovasi Pendidikan Di Masa Pandemi-Jejak Pustaka. Vol. 1. Jejak Pustaka, n.d.
Ardiansyah, A., & Yulianti. (2022). Literasi Digital pada Generasi Digital Natives. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1), 138–144. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.810
Aslan, & Suhari. (2018). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (R. P. Tim (ed.)). Razka Pustaka.
Daniel Ginting, Fahmi, Dian Indrianis Fitri, et al. (2021). Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Melalui Platform Digital Teori dan Praktik Pengoperasian (Cet. I). Media Nusa Creative.
Dingli, A., & Seychell, D. (2015). The new digital natives: Cutting the chord. The New Digital Natives: Cutting the Chord, 1–151. https://doi.org/10.1007/978-3-662-46590-5
Fanani, Rizqy Rizal, Achmad Patoni, and Adi Wijayanto. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.†TADARUS 10, no. 1 (2021).
Hasanah, I. F. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang. In Journal of Materials Processing Technology (Vol. 1, Issue 1). Universitas Islam Negeri Maulana Mlaik Ibrahim Malang.
Hartanto, Dicki, and Sri Yuliani. “Statistik Riset Pendidikan: Dilengkapi Analisis SPSS.†Cahaya Firdaus, 2019.
Herminingsih, Herminingsih, Nurdin Nurdin, and Fatimah Saguni. “Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa.†Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0 1, no. 1 (2022): 79–84.
Hidayat, Rahmat. “Development of Web-Based Learning Media in the Subject of Research Methodology (Supporting Blended Learning System) at Kartanagara University.†In International Conference on Education and Technology (ICET 2018), 176–181. Atlantis Press, 2018.
Ihsan, Fanani Mafatikul, Pramudia Yuly Eka Permana, Nur Rachmat Arifin, and Ridan Muhtadi. “Islamic Boarding Schools Toward the Industrial Revolution 4.0; Opportunities and Challenges.†FIKROTUNA 11, no. 01 (2020).
Khair, N., Sarah, R., Iskandar, F., & Sukmawati, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Google Sites Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. 22, 201–209.
Marc Prensky. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants Part 1. On the Horizon, 9. https://doi.org/10.1108/10748120110424816.
Puspitasari, A. C. D. D. (2021). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1127–1134. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1317.
Ramli, Akhmad, Rahmadani Putri, Eliza Trimadona, Ayuliamita Abadi, Yolla Ramadani, Andi Muh Akbar Saputra, Pebrina Pirmani, Nurhasanah Nurhasanah, Iin Nirwana, and Khotimah Mahmudah. LANDASAN PENDIDIKAN: Teori Dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Rizal Fanani, R., Patoni, A., & Wijayanto, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tadarus, 10(1), 111–130. https://doi.org/10.30651/td.v10i1.9117
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (4th ed.). Kencana.
Suci Rahayu Rais, Nurlaila, Jovial Dien, Maik, & Y Dien, Albert. (2018). Kemajuan Teknologi Informasi Berdampak Pada Generalisasi Unsur Sosial Budaya Bagi Generasi Milenial. Jurnal Mozaik, 10, 61–71.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.
Yudi Hari Rayanto, S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2. Lembaga Academic & Research Institute.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ega Diana, Mardianto Mardianto, Solihah Titin Sumanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.