Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pandangan KH. Mohammad Tholhah Hasan (1938-2019)
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6351Keywords:
early childhood education, KH. Tholhah HasanAbstract
Perbincangan tentang pendidikan anak usia dini menjadi sangat penting karena pendidikan bagi anak usia dini sangat menentukan kesuksesan pendidikan anak waktu dewasa. Penelitian ini mengungkap dan menganaisis konsep dan pandangan KH. Mohammad Tholhah Hasan dalam pendidikan anak usia dini dengan melakukan eloborasi konsep tersebut dengan pemikir pendidikan Islam lainnya dengan metode library atau pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak usia dini dalam pandangan KH. Tholhah Hasan adalah orangtua harus bijak dak arif karena sering kali orantua dihadapkan pada prilaku anak yang berbeda-beda karakter dan sifatnya. Ada tiga cara: pertama, orangtua tidak boleh ikut marah saat menghadapi anak tapi cari tahu mengapa anak marah; Kedua, apabila anak menangis sambil teriak-teiak tidak sampai merusak barang-barang atau menyakiti dirinya, biarkan saja hingga puas asal tidak mengganggu orang lain; Ketiga orang tua tidak perlu berdiskusi dengan anak ketika dia sedang marah atau menjelaskan banyak hal kepadanya. Tholhah mengutip pandangan al-Ghozali bahwa untuk mewujudkan karakter anak yang baik pertama harus ada pewajiban (taklif), dan pembiasaan (ta’wid) dan pewatakan (tathobbu’) sejak dini.References
Abdul Rahman, Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja, Nadwa, 6. 1, (2016), 155-178.
Ashraf, Ali. Horison Baru Pendidikan Islam, Terj. Sori Siregar (Yogjakarta: Pustaka Firdaus, 1989), 27
Bakri, Maskuri &Dyah Werdi Ningsih, Membumikan Nilai Karakter Berbasis Pesantren (Jakarta: Nirwana Media, 2017), 68.
Cahyani, Ratih, dan Suyadi Suyadi. “Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hadjar Dewantara.†Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 3, no. 4 (2018): 219–230.
Domopoli, Mujahid. Problematika Pendidikan Islam dan Upaya-Upaya Pemecahannya, Jurnal TADBIR, Managemen Pendidikan Islam, Volume 3, No 1 (Februari 2015), 12.
Fariq, Wan Muhammad, Muhajir Darwis, Ika Kurnia Sofiani, dan Ajeng Ninda Uminar. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Perspektif Muhammad Taqī Al-Falsafī; Tela’ah Kitab Al-Thifl Baina Al-Waratsah Wa Al-Tarbiyah.†Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2021): 105–123.
Fatimah, Eka Restiani, dan Istikomah Istikomah. “Konsep perkembangan kognitif anak usia dini (studi komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali).†ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2021): 1–31.
Haderani, peranan keluarga dalam pendidikan Islam, Jurnal STAI al-Wasliyah Barabai, Vol.XII No 24 (Juli 2019), 35.
Hasan, Mohammad Tholhah’ Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga (Jakarta Selatan: Mitra Abadi Press, 2009), 5-6.
Hasan, Muhammad Tholhah et al, 33 Tahun Pengabdian dari Unisma untuk Bangsa (Malang; Lembaga penerbitan UNiversitas Islam Malang, 2014), 1.
http://www.timeindonesia.co.id dikases 1 Juni 2022
Isnaini, Muhammad. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Para Ahli Pendidikan Islam Dan Barat: Analisis Komparasi.†Artikel yang ditulis oleh salah satu dosen IAIN Raden Fatah Palembang.) dikutip dari www. muhammadisnain. blogspot. com pada tanggal 9 (2015).
Jannah, Miftakhul. “Studi komparasi pemikiran Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan tentang metode pendidikan anak dalam keluarga.†UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (kbbi.kemendikbud.go.id) diakses 25 Maret 2021.
Kementerian Pendidikan Nasional, Desain Induk Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan Nasional (Jakarta, 2010a), 9
Ningrum, Eka Sapti Cahya et al. Pengembangan Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan, Jurnal Fakultas ilmu Pendidikan, Volume 6. Edisi 2 (Desember 2017), 209.
Ningsih, Deny Setia, Pemikiran pendidikan Islam Muhammad Tholhah Hasan (Malang, Skripsi UIN Malang, 2008), 7.
Noviyanty, Enny. “METOD E DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Perbandingan Pemikiran Al-Ghazali dan Abdurrahman al-Nahlawi).†Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2011.
Novrinda et al, Peran orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan, Jurnal Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB, Vol. 2 No. 1. (2007), 40.
Purnama, Anjeria. “Perbandingan Pemikiran Mansur Dan Zubaedi Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektifislam.†IAIN Bengkulu, 2019.
Rahmawati, Miya. “Mendidik Anak Usia Dini Dengan Berlandaskan Pemikiran Tokoh Islam al-Ghazali.†Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education 2, no. 2 (2019): 274–286.
Rohayati, Enok. Pemikiran al-Ghazali tentang Pendidikan Akhlak, Ta’dib, Jurnal Pendidikan Islam 16 (01)
Samsudin, Mohamad. “Pendidikan Anak Perspektif Islam Dan Barat (Studi Analisis Pendekatan Filosofis dan Ilmu Pendidikan).†Jurnal Pendidikan UNIGA 9, no. 1 (2017): 33–58.
Setyowahyudi, Rendy. “Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini.†PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9, no. 1 (2020): 17–35.
Sukandarrumidi, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: UGM Press, 2012), 113.
Sulaiman, W. “Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat.†Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 1327–2356.
Undang-Undang RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 ayat (1)
Wardani, Intan Sri, Ali Formen, dan Mulawarman Mulawarman. “Perbandingan Konsepsi Thomas Lickona dan Ki Hadjar Dewantara dalam Nilai Karakter Pada Ranah Pendidikan Anak Usia Dini Serta Relevansinya di Era Globalisasi.†In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3:459–470, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.