Pembentukan Karakter Peduli dan Berbudaya Lingkungan bagi Peserta Didik di Madrasah Melalui Program Adiwiyata

Penulis

  • Nur Hafida Universitas Nurul Jadid
  • Abdul Hamid Wahid Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3295

Kata Kunci:

karakter, peduli dan berbudaya lingkungan, madrasah

Abstrak

Tulisan ini menyajikan tentang pembentukan karakter peduli dan berbudaya lingkungan bagi peserta didik di madrasah. Seiring dengan semakin banyaknya permasalahan lingkungan hidup, menjadi hal penting dan mendesak untuk semakin menggencarkan gerakan peduli lingkungan hidup dalam konteks pendidikan, sehingga melahirkan konsep green school dan green curriculum, yang diwujudkan melalui program adiwiyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan situs penelitian di MTs Negeri 1 Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tantangan dan pembentukan karakter peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan, meliputi; pertama rendahnya dukungan masyarakat terhadap program adwiyata, Kedua dukungan  orang tua yang belum optimal dalam mewujudkan madrasah  peduli dan berbudaya lingkungan, Ketiga perubahan zaman yang semakin maju membuat segala kebutuhan manusia mudah terpenuhi dengan bantuan mesin. Sedangkan strategi pembentukan karakter peserta didik peduli dan berbudaya lingkungan melalui program adiwiyata dilakukan melalui; pertama pembentukkan karakter yang diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran, Kedua melalui pembentukan budaya madrasah, Ketiga kegiatan ekstrakulikuler, Kempat melibatkan keluarga dan masayarakat.

Referensi

Acepudin Sudjarwo dan Darsono, ‘Penanaman Nilai Dan Norma Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Di SMA Muhammadiyah 2’, 2 (2017), 1–14
Al-Anwari, Amirul Mukmin, ‘Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri’, Ta’dib, XIX (2014), 227–52
Andi Ikhsan, Sulaiman, Ruslan Andiikhsan10mei@gmail.com, ‘Pemamfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (2017), 1–11
Arif Billah, ‘Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Dan Implementasinya Dalam Materi Sains’, Attarbiyah, I (2016), 243–72 <http://dx.doi.org/10.18326/attarbiyah.v1i2.>
Baharudin, Mohammad Dendy Fathurahman, ‘Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan’, Jurnal Pendidikan Geografi, 17 (2017), 25–37
Baharun, Hasan, ‘Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis’, Pedagogik, 3 (2016), 96–107
Baharun, Hasan, and Mahmudah, ‘Konstruksi Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Pesantren’, Jurnal Mudarrisuna, 8 (2018), 153
Baharun, Hasan, and Rohmatul Ummah, ‘Strengthening Student’s Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model’, Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3 (2018), 21–30 <http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205>
Damianus Bilo’ F. Sugeng Istanto’, H. Marsudi Triatmodjo., ‘Pertanggung Jawaban Negara Terhadap Kerugian Dan Kerusakan Lingkungan Akibat Kegiatan Ekspor Impor Limbah 83’, Manusia Dan Lingkungan, 12 (2005), 105–21
Desfandi, Mirza, ‘Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata’, Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 2 (2015), 31–37 <http://dx.doi.org/10.15408/sd.v2i1.1661>
Iswari, Rizky Dewi, and Suyud W. Utomo, ‘Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan Di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong)’, Jurnal Ilmu Lingkungan, 15 (2017), 35 <http://dx.doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41>
Izzah, Ismatul, ‘Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Masyarakat Madani’, Jurnal Pedagogik, 5 (2018), 50–68
Kwanda, Timoticin, ‘Pembangunan Permukiman Yang Berkelanjutan Untuk Mengurangi Polusi Udara’, Dimensi Teknik Arsitektur, 31 (2016), 20–27
Lestari, Yeni, ‘Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam’, Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4 (2018), 332–37
Maunah, Binti, ‘Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa’, Jurnal Pendidikan Karakter, V (2015), 90–101 <http://dx.doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615>
MOH. DA’I ROBBI, ‘Pendidikan Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Islam ( Keseimbangan Ekosistem Prespektif Hadis )’, Al-Ibtida’, 4 (2016), 55–86
Muadin, Ahkmad, ‘Nilai-Nilai dalam Pendidikan Islam Menuju Paradigma Pembelajaran Qur ’ Ani’, Jurnal Pedagogik, 4 (2017), 134–45
Mukani, and Teto Sumarsono, ‘Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN Tambakberas Jombang’, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5 (2017), 183–200
Perdana, Novrian Satria, ‘Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik’, Jurnal Refleksi Edukatika, 8 (2018), 183–91
Pohan, Yuzarian Faulizar, and Rima Dewi Supriharjo, ‘Pengelolaan Sampah Perumahan Kawasan Pedesaan Berdasarkan Karakteristik Timbulan Sampah Di Kabupaten Gresik’, Jurnal Teknik Pomits, 2 (2013), 37–42
Rahem, Zaitur, ‘Menggali Paradigma Pendidikan Berkedaban Dari Kitab Ayyuha Al-Walad Dan Kimiatus Sa’adah’, Jurnal Islam Nusantara, 2 (2018), 60–71
Rezkita, Shanta, and Kristi Wardani, ‘Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar’, 2010, 327–31
Rini1, Ayu Stia, and I Putu Gde Sukaatmadja2 I Gst. Ayu Kt. Giantari3, ‘Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Sikap Dan Niat Produk Hijau “the Body Shop Di Kota Denpasar”’, E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 6.1, 6 (2017), 137–66
Sekar Dwi Ardianti, savitri Wanabuliandari, Susilo Rahardjo, ‘Peningkatan Perilaku Peduli Lingkunngan Dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model Ejas Dengan Pendekatan Science Edutainment’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV (2017), 1–7
Warliah, Wiwin, ‘Pendidikan Berbasis Gender Awareness : Strategi Meminimalisir Bias Gender Di Pondok Pesantren’, Jurnal Islam Nusantara, 1 (2017), 118–30
Wuryandani, Wuri, Fathurrohman dan Unik, and Ambarwati, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School’, Cakrawala Pendidikan, XXXV (2016), 208–16 <http://dx.doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882>

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-01-05

Cara Mengutip

Hafida, N., & Wahid, A. H. (2019). Pembentukan Karakter Peduli dan Berbudaya Lingkungan bagi Peserta Didik di Madrasah Melalui Program Adiwiyata. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(02), 950–971. https://doi.org/10.32806/jf.v8i2.3295

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.