Reaktualisasi Behavioristic Approach Dalam Mengatasi Learning Difficulty
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6265Kata Kunci:
Pendekatan, Behavioristik, Learning DifficultyAbstrak
Karakteristik siswa yang beraneka ragam menjadi persoalan tersendiri bagi pendidik dalam memilih dan menggunakan pendekatan yang tepat. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa juga sering menjadi problem yang sulit diselesaikan sehingga guru dituntut untuk mencari solusi yang efektif dalam konteks pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah kualitatif dengan jenis library research. Hasil penelitian ini menunukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan behavioristik sangat direkomendasikan bagi seorang pendidik sebab pendekatan ini cenderung lebih membuat pembelajaran lebih bermakna. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa lebih dapat diatasi ketika seorang guru menggunakan pendekatan behavioristik dengan tekhnik Operant Conditioning sebab pendekatan ini berorientasi pada perubahan tingkah laku yang tampak di lingkungan melalui proses belajar. Perubahan perilaku siswa yang konstruktif lebih dapat dicapai sehingga kesulitan yang ditemukan lebih bisa teratasi.Referensi
Anam, Mohammad Syamsul & Wasis D Dwiyogo, “Teori Belajar Behavioristik dan Implikasinya dalam Pembelajaran,†Universitas Negeri Malang, 2019.
Desmita, Psikologi Perkembangan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Dhori, Muhammad. “Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagungâ€, Heutagogia: Jurnal of Islamic Education, Vol. 1, No 1, (Juni, 2021).
Habiburrahman, Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidi dalam Pendidikan IPA. Jakarta: Depdikbud, 2006.
Hasna, Naela Rif’atul. dkk., "Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Konseling Behavioristik Dengan Teknik Operant Conditioning Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Bae Kudus", Muria Research Guidance and Counselling Journal, Vol. 1, No. 2, (Oktober, 2022).
Ismail, “Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolahâ€, Jurnal Edukasi, Vol. 2, No. 1, (Januari, 2016).
Jamaris, Martini. Kesulitan Belajar Perspektif, Assessmen dan Penanggulanganya. (Jakarta: Yayasan Penamas Murni, 2009).
Jamaris, Martini. Kesulitan Belajar Perspektif, Assessmen dan Penanggulanganya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni, 2009.
Maghfhirah, Siti & Maemonah, “Pemikiran Behaviorisme Dalam Pendidikan (Study Pendidikan Anak Usia Dini)â€, Jurnal Bunayya, Vol. VI, No. 2, (Juli-Desember, 2019)
Muazzaroh, Faizatul. “Reaktualisasi Pendidikan Behavioristik,†Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, Vol. 8, No. 2 (2017).
Muflihin, Muh. Hizbul. “Aplikasi dan Implikasi Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran (Analisis Strategis Inovasi Pembelajaran ),†Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 1 No. 2, (2009), 11.
Muhadjir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.
Muktar, Muhtafi. “Pendidikan Behavioristik Dan Aktualisasinyaâ€, Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, (2019).
Nahar, Novi Irwan. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaranâ€, Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol. 1 (Desember, 2016).
Nasution, Umaruddin. & Casmini Casmini, “Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan Pavlov Dalam Membentuk Prilaku Peserta Didik,†INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Vol. 25, No. 1 (2020).
Rofiqi & M. Mansyur, “Sinergitas Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Guru Bimbingan Konseling (BK) Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMP Negeri 2 Pegantenan,†DA’WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam Vol. 1, No. 2, (2022).
Rofiqi, "Pendidikan Islam di Era Industri 4.0 (Studi Analisis Terhadap Tantangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam)", FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Islam, Vol. 10, (2019).
Sipayun, Zenriahman & Hotmaulina Sihotang, “Peranan Belajar Behaviorisme dalam Hubungannya dengan Teknologi Pendidikan Serta Implikasinya dalam Pembelajaranâ€, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 5 (Oktober, 2022).
Sugianto, Hendi & Mawardi Djamaluddin, “Pembinaan Al-Akhlaq Al- Karimah Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia,†Dayah: Journal of Islamic Education, Vol. 4, No. 1 (2021).
Sujanto, Agus. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Yudhawati, Ratna & Dany Haryanto, Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya, 2011.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.