Kontruksi Nilai Kebangsaan dalam Pendidikan Pesantren Perspektif Buya Syafi’e Maarif

Penulis

  • Ifa Nurhayati Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Roibin Roibin Universitas Islam Negeri Malang
  • Saidatul Karimah IAI AL-Khairat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6343

Kata Kunci:

Kebangsaan, pendidikan pesantren, Buya Syafi’e Maarif

Abstrak

Kajian tentang kebangsaan dan pesantren selalu menarik karena pesantren menjadi model pendidikan di Indonesia yang khas dan unik. Pada keistimewaan pesantren selalu muncul pertanyaan apakah pesantren mengakomudir nilai kebangsaan dan proses pendidikan di dalamnya. Bagaimana kontruksi nilai kebangsaan dalam pendidikan pesantren. Pertanyaan tersebut menjadi tujuan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan pustaka. Analisis data dilakukan dengan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi nilai kebangsaan dalam pendidikan pesantren seharusnya terintegrasi dalam kajian di dalam kurikulum pesantren diajarkan pengetahuan tentang agama-agama tidak hanya agama Islam saja. Kedua pesantren seharusnya menanamkan equal citizenship dengan menanmkan nilai kesetaraan dan keadilan. Ketiga adalah nilai kemanusiaan seharusnya juga tekonstruksi dalam pendidikan pesantren.

Referensi

Abd. Rohim Ghazali, Merawat pemikiran Buya Syafie Maarif: Keislaman, Keindonesiaan dan kemanusiaan. MAARIF Institute for Culture and Humanity, (2019), 113.

Abdul Hakim & N. Nani Herlina, Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 6, No. 1, (2018), 112.

Ach. Syaiful, et al. Equity Pedagogy di Pesantren Dirosatul Muallimin Islamiyah AL-Hamidy Banyuanyar. Fikrotuna, Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, Volume 14, No. 02 (Desember 2022), 2018.

Ahmad Asroni, Pemikiran Ahmad Syafii Maarif tentang Negara dan syariat Islam di Indonesia. Millah, Vol. X. No. 2. (Februari 2011), 372.

Ayzumardi Azra, Islam in Southeast Asia: Tolerance and Radicalism, (Australia : The University of Melbourne,2005), 5.

Bodgan, Robert dan Taylor, Stevent J., Kualitatif Dasar-Dasar Penelitian. Edited by A. Khozin Afandi, (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)

Eko Nur Wibowo, Revitalisasi Pendidikan Islam Di Zaman Kontemporer Dalam Merawat Pemikiran Buya Syafii Maarif (Jakarta, Maarif Institute for culture and humanity, 2019), 287.

Hambali, Pendidikan Adil Gender Di Pondok Pesantren. Studi tentang Membangun Gender Awareness di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Jurnal Pedagogik, Vol. 04 No. 02, (Juli-Desember 2017)

Maya Fitria & Alvin Fadilla Helmi, Keadilan Gender dan hak-hak reproduksi di Pesantren. Jurnal Psikologi Universitas Gajah Mada Vol. 38 No.1 (2011), 1.

Mohamad Ali, pemikiran pendidikan Islam Ahmad Syafii Maarif. Profetika, Jurnal Studi Islam, Vol. 17. No. 2. (Desember 2016), 14.

Mohammad Thohah Hasan, Pendidikan Multikultural sebagai opsi penanggulangan radikalisme (Malang: Unisma, 2016).

Mufqur Rahman, Eksplorasi Nilai Kesetaraan Dalam Pendidikan Pesantren Muadalah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8. No. 1. (2020)

Muhammad Aqil, Nilai-Nilai Humanism Dalam Dialog Antar Agama Perpektif Gus Dur. Al-Adyan : Journal of religious studies 1. 1), 52-66, (2020), 52

Muhammad Qorib, Pluralisme Buya Syafii Maarif Gagasan dan Pemikiran Sang Guru Bangsa (Yogyakarta: Bildung, 2019)

Ozi Setiadi, Peta Pemikiran dan Relasi Islam Dengan Demokrasi Ahma Syafii Maarif (Jakarta Selatan: Maarif Institute for culture and humanity, 2019),

Roro Kurnia Nofita Rahmawat & Mufiqur Rahman, Konsep Pendidikan Multikultural dalam Menciptakan Sistem Kelembagaan Yang Harmoni. Akademika, Volume 13, Nomor 1, Juni (2019),

UNESCO (united nation, educational, scientific, and cultural organization, A guide for ensuring inclusionand equity in education (France : UNESCO, 2017),

Zuly qodir & Haedar Nasir, Indonesianity, and Culture: A Comparative Study on Ahmad Syafii Maarif, Nurcholis Madjid, and Abdurrahman Wahid Jurnal AFKARUNA. Vol. 15 No. 2 (Desember 2019)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Nurhayati, I., Roibin, R., & Karimah, S. . (2022). Kontruksi Nilai Kebangsaan dalam Pendidikan Pesantren Perspektif Buya Syafi’e Maarif. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 11(02), 196–208. https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6343

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.