Penerapan Fungsi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6355Kata Kunci:
Fungsi Manajemen, Mutu Pembelajaran, ISMUBAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi Manajemen pada pembelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Makassar dan mutu pembelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan fungsi manajamen pendidikan sangat baik hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya tahapan: perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Kedua, Mutu pembelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Makassar baik karena menekankan pada: peningkatan ibadah dan akhlak, menumbuhkan jiwa sosial, meningkatkan percaya diri, meningkatkan nalar kritis dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan menumbuhkan jiwa kreatif. Ketiga, penerapan fungsi manajemen pendidikan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan Keempat, faktor yang mendukung penerapan fungsi manajemen terkait kinerja kepala sekolah, guru profesional, media pembelajaran dan sarana prasarana. Adapun faktor penghambat ialah kesadaran orangtua dan siswa tentang pentingnya pendidikan yang berkualitas untuk memberi dukungan dan terbatasnya dana untuk kepentingan program peningkatan mutu pembelajaran.Referensi
Ani, Dwi Fitri, Wulan Septi Putri, and Zulfa Hidayatul Khoiriyah. Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Mutu Pengetahuan, Sikap, Dan Keterampilan Siswa.Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 29-43.
Arikunto, Suharsimi, and Cepi Safuruddin Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktisi Pendidikan(2014).
Astawa, I Nyoman Temon. Memahami Peran Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan Di Indonesia.Jurnal penjaminan mutu 3, no. 2 (2017): 197-205.
Bastian, Evan. Implementasi Kurikulum Ismuba Pada Materi Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya: Implementation Of Ismuba Curriculum On Al-Islam And Kemuhammadiyah Learning Materials At Muhammadiyah 1 SMA Palangka Raya.Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi 7, no. 2 (2022): 40-48.
Choir, Abu. Urgensi Manajemen Pendidikan Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam.J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 1, no. 1 (2016): 1-12.
Fadhli, Muhammad. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2017): 215-240.
Gazali, Marlina. Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa.Al-TADIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6, no. 1 (2013): 126-136.
Huda, Achmat Nurur. Evaluasi Kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab Berbasis Integratif-Holistic Di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan.Jurnal Tarbiyatuna 9, no. 2 (2018).
Iskandar, Jamaluddin. Penerapan Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Madrasah.Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2017).
Lestari, Sri. Pengembangan Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab (ISMUBA) Di SD Muhammadiyah Bendo Kulon Progo.Equilibrium: Jurnal Pendidikan 10, no. 1 (2022): 71-77.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi(2007).
Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi. Gramedia, 2003.
Rosyada, Dede. Madrasah Dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam Di Era Otonomi Daerah. Kencana, 2017.
Saputra, Ade Akhmad, Lia Efriliyanti, Aulia Hakim, and Alihan Satera. Peran Manajemen Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang.Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 8, no. 2 (2022): 371-385.
Saputra, Yogie Dwi. Menerapkan Nilai Islam Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Terkait Manajemen Sumber Daya Manusia: Indonesia.Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah 4, no. 2 (2019): 47-52.
Simangunsong, Eliot. Factors Determining the Quality Management of Higher Education: A Case Study at a Business School in Indonesia.Jurnal Cakrawala Pendidikan 38, no. 2 (2019): 215-227.
Sista, Taufik Rizki. Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.Educan: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017).
Soenarya, Endang. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem.Yogyakarta: Adicita Karya Nusa (2000).
Westra, Pariata, and Syamsi Sutarto. Ensiklopedi Administrasi.(No Title) (1977).
Widayanti, Fera Eka. Implementasi Kurikulum Ismuba Di Mi Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi.Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2019): 69-82.
Winarno, Budi. Kebijakan Publik, Teori, Proses, Dan Studi Kasus (Cetakan Kedua).Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service, CAPS (2014).
Yusuf, Bistari Basuni. Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif.Jurnal kajian pembelajaran dan keilmuan 1, no. 2 (2017): 13-20.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Husain Abdul Rahman, Syamsudduha Saleh, Arifuddin Siraj , Amirah Mawardi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.