Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Alternatif di Tengah Arus Globalisasi

Penulis

  • FAUZAN FAUZAN Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Khairat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.32806/jf.v3i1.658

Kata Kunci:

Pesantren, Lembaga Pendidikan, Arus Globalisasi

Abstrak

Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang memberikan andil cukup besar dalam membangun bangsa Indonesia. Pesantren sebagai bagian dari pendidikan tetap eksis di tengah kubangan arus globalisasi, bahkan pesantren hingga saat ini dapat berkembang dengan pesat. Perkembangan itu ditunjukkan dengan munculnya pesantren-pesantren baru di Indonesia dan bertambah banyaknya jumlah santri di pesantren. Hal ini karena masyarakat menyadari bahwa pesantrenlah lembaga pendidikan yang lebih aman dari pengaruh arus globalisasi karena santri di pesantren diisolasi dari pengaruh luar pesantren. Disamping itu, dengan aktivitasnya yang berlangsung selama hampir 24 jam mulai dari bangun sebelum subuh hingga menjelang tidur di malam hari dapat membentuk karakter santri yang mandiri. Alasan lain yang menjadi daya tarik minat masyarakat adalah kurikulum integrasi yang diterapkan di pesantren dengan menggabungkan kurikulum pesantren dengan kurikulum formal dimana kebanyakan pesantren saat ini telah mendirikan pendidikan formal mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tingga, sehingga pesantren dianggap sebagai lembaga pendidikan alternatif di tengah arus globalisasi

Diterbitkan

2017-02-20

Cara Mengutip

FAUZAN, F. (2017). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Alternatif di Tengah Arus Globalisasi. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(01). https://doi.org/10.32806/jf.v3i1.658

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.