Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Alternatif di Tengah Arus Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.32806/jf.v3i1.658Keywords:
Pesantren, Lembaga Pendidikan, Arus GlobalisasiAbstract
Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang memberikan andil cukup besar dalam membangun bangsa Indonesia. Pesantren sebagai bagian dari pendidikan tetap eksis di tengah kubangan arus globalisasi, bahkan pesantren hingga saat ini dapat berkembang dengan pesat. Perkembangan itu ditunjukkan dengan munculnya pesantren-pesantren baru di Indonesia dan bertambah banyaknya jumlah santri di pesantren. Hal ini karena masyarakat menyadari bahwa pesantrenlah lembaga pendidikan yang lebih aman dari pengaruh arus globalisasi karena santri di pesantren diisolasi dari pengaruh luar pesantren. Disamping itu, dengan aktivitasnya yang berlangsung selama hampir 24 jam mulai dari bangun sebelum subuh hingga menjelang tidur di malam hari dapat membentuk karakter santri yang mandiri. Alasan lain yang menjadi daya tarik minat masyarakat adalah kurikulum integrasi yang diterapkan di pesantren dengan menggabungkan kurikulum pesantren dengan kurikulum formal dimana kebanyakan pesantren saat ini telah mendirikan pendidikan formal mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tingga, sehingga pesantren dianggap sebagai lembaga pendidikan alternatif di tengah arus globalisasiPublished
2017-02-20
How to Cite
FAUZAN, F. (2017). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Alternatif di Tengah Arus Globalisasi. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(01). https://doi.org/10.32806/jf.v3i1.658
Issue
Section
Articles