PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR ENERGI ANGIN DIUBAH MENJADI ENERGI GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS III SEMESTER II UPTD SDN KAMONDUNG 3 KECAMATAN OMBEN KABUPATEN SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Penulis

  • SUWARTINI SUWARTINI SDN Kemodung 3 kecamatan Omben

Abstrak

Ilmu Pengetahuan Alam dengan bidang pelajaran yang lain merupakan suatu ilmu yang berperan dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi, karena tanpa bidang-bidangĀ  ilmu pengetahuan semuanya tidak akan mendapat kemajuan yang berarti. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) sebanyak 2 kali putaran. Pada setiap putaran terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III semester II UPTD SDN Kamondung 3 Kecamatan Omben. Sedangkan data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi dan lembar tugas/LKS. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu siklus I 45,8%, dan siklus II 100%. Simpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Examples Non Examples dalam pembelajaran energi angin dapat diubah menjadi energi gerak dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar siswa kelas III semester II UPTD SDN Kamondung 3 Kecamatan Omben Kabupaten Sampang tahun pelajaran 2017/2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-01

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.