Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Praktek Pengurusanpembelajaran Jenazah Di Dta At Taqwa Karawang

  • Hanna Habibah Ahmad Institut Agama Islam Qomaruddin Bungah Gresik
  • Oyoh Bariyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Pembelajaran berbasis kooperatif adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan ini menuntut siswa untuk bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran berbasis kooperatif terhadap hasil belajar siswa di DTA At-Taqwa Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa DTA At-Taqwa Karawang yang berjumlah 100 orang. Sampel penelitian adalah 50 orang siswa yang diambil secara acak. Data penelitian dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kooperatif berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,871. Nilai ini menunjukkan bahwa setiap penambahan 1% pembelajaran berbasis kooperatif, maka hasil belajar siswa akan meningkat sebesar 0,871. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis kooperatif merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada pengaruh pembelajaran berbasis projek (X) terhadap kemampuan kolaborasi mahasiswa (Y).” Dari hasil analisis diketahui nilai R Square= 0,588 dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran berbasis projek (X) terhadap kemampuan kolaborasi mahasiswa (Y) sebesar 41,2% sedangkan 58,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan menjadi variabel dari penelitian ini. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis kooperatif perlu diterapkan secara lebih luas di sekolah-sekolah

Referensi

Alfandi, M. (2020). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNNISULA PRESS.

Nanang. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Retika Aditama.

Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.(2010). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Anggoro, T. (2007). Metode penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Diterbitkan
2024-06-03
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##