Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VI B Di SDN Pasirangin 05 Dalam Pembelajaran PAI Melalui Metode Team Games Tournament (TGT)
Abstract
Fungsi pendidikan adalah untuk mendukung peserta didik dalam mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya, seperti keterampilan dan sifat kepribadiannya agar dapat diarahkan pada hal-hal yang baik. Oleh karena itu, pendidikan tidak hanya sekedar proses mengkondisikan pengetahuan tetapi juga mengamalkan keterampilan dan nilai-nilai. Dengan dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas, tujuannya adalah untuk meningkatkan tingkat keaktifan di dalam kelas. Metode kooperatif tipe Teams Games Tournament terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Dengan menerapkan teknik TGT, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Pasirangin 05 pada siklus I dan II yaitu melalui langkah-langkah berulang yang dilaksanakan mulai menghasilkan peningkatan partisipasi siswa dalam metode pembelajaran kooperatif TGT yang diterapkan saat mengajar. PAI. Meski belum merata, namun terdapat tanda-tanda positif dari sejumlah siswa yang mulai aktif bertanya, menjawab pertanyaan, dan mampu berdiskusi kelompok. Dengan penerapan TGT, siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran karena terciptanya suasana persaingan yang sehat dan tim kerjasama. Metode ini tidak hanya meningkatkan keaktifan siswa di kelas, namun juga meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran, karena siswa ditantang untuk saling membantu dan berkompetisi dalam lingkungan yang menyenangkan.
References
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1)
http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82
Anni, Catharina Tri, D. (2007). Psikologi Belajar. UPT UNNES Press.
Arikunto, Suharsimi, D. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. DEPDIKNAS DIRJEN DIKTI Direktorat Ketenagaan.
Falah, A. N. (2018). Peningkatan Keaktifan Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt. Basic Education
https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13495
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian
Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Slavin, R. (2015). Cooperative Learning. Nusa Media.
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games
Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V
Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan
Matematika, 2(1), 154–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.41
Ula, N. S. S., & Jamilah, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Dengan
Menggunakan Model Tgt. Jurnal Pendidikan Guru
Wardianti, R. Widya, T. P. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Model Pbl, Tgt Dan Metode Eksperimen Siswa SD. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9
https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.11315
Wilujeng, S. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Team Games Tournament (TGT). Journal of Elementar y Education
Copyright (c) 2024 Fathimah, Indi Anaka Santika, Karnadi Irawan, Nur Aini Farida, M. Makbul
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.