Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VI B Di SDN Pasirangin 05 Dalam Pembelajaran PAI Melalui Metode Team Games Tournament (TGT)
Abstrak
Fungsi dari pendidikan adalah dapat menopang peserta didik dalam mengembangkan seluruh potensi diri seperti keterampilan dan sifat kepribadian siswa sehingga dapat diarahkan ke hal yang baik. Oleh karena itu, pendidikan tidak hanya proses mengkondisikan pengetahuan melainkan melatih keterampilan dan nilai. Dengan dilakukannya Penelitian Kelas Tindakan bertujuan untuk memperbaiki tingkat keaktifan di dalam kelas. Metode kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat membuktikan keefektifan dalam meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Dengan menerapkan teknik TGT, hasil dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di SDN Pasirangin 05 pada siklus pertama dan siklus kedua yakni melalui langkah-langkah berulang yang dilaksanakan mulai menghasilkan peningkatan partisipasi siswa dalam metode pembelajaran kooperatif TGT yang diterapkan ketika pembelajaran PAI. Meskipun belum merata, terdapat tanda-tanda positif dari sejumlah peserta didik yang mulai aktif menyampaikan pertanyaan, menjawab pertanyaan, serta mampu berdiskusi kelompok. Dengan menerapkan TGT, peserta didik lebih terlibat dalam proses pembelajaran karena suasana kompetitif yang sehat dan kerja sama tim yang ditumbuhkan. Metode ini tidak hanya meningkatkan keaktifan siswa dalam kelas, tetapi juga meningkatkan pemahaman materi pelajaran, karena siswa ditantang untuk saling membantu dan berkompetisi dalam lingkungan yang menyenangkan.
Referensi
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1)
http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82
Anni, Catharina Tri, D. (2007). Psikologi Belajar. UPT UNNES Press.
Arikunto, Suharsimi, D. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. DEPDIKNAS DIRJEN DIKTI Direktorat Ketenagaan.
Falah, A. N. (2018). Peningkatan Keaktifan Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt. Basic Education
https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13495
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian
Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Slavin, R. (2015). Cooperative Learning. Nusa Media.
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games
Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V
Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan
Matematika, 2(1), 154–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.41
Ula, N. S. S., & Jamilah, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Dengan
Menggunakan Model Tgt. Jurnal Pendidikan Guru
Wardianti, R. Widya, T. P. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Model Pbl, Tgt Dan Metode Eksperimen Siswa SD. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9
https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.11315
Wilujeng, S. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Team Games Tournament (TGT). Journal of Elementar y Education
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##